Cara Mengatasi Channel Youtube yang Tidak Muncul di Pencarian Terbaru

Cara Mengatasi Channel Youtube yang Tidak Muncul di Pencarian Terbaru
Daftar Isi Artikel


Renovasi Otak -Masalah yang kerap dihadapi oleh para konten kreator khususnya di aplikasi Youtube ialah tidak munculnya channel pada pencarian. Tentu ini sangat merugikan karena mengurangi potensi viewers yang semestinya didapatkan. Lalu, apa yang harus dilakukan? Baiknya, simak saja ulasan di bawah ini, agar memahami penyebab dan cara mengatasi channel Youtube yang tidak muncul di pencarian secara akurat, sebagai berikut:

Hal yang Menyebabkan Tidak Munculnya Chanel

Ada banyak hal yang kerap menjadi pemicu tidak munculnya sebuah channel pada pencarian Youtube. Namun, secara garis besar ada dua hal yang paling utama, yakni:

1. Channel Masih Baru

Salah satu penyebab channel tidak muncul di pencarian karena channel tersebut masih baru. Bagaimana bisa channel baru justru tidak muncul? Ini karena sebuah channel baru tidak bisa secara otomatis terdeteksi oleh algoritma pencarian Youtube yang unik. Apalagi jika channel tersebut menggunakan kata kunci yang sama dengan channel-channel yang lebih terdahulu. Persamaan kata kunci inilah yang mengakibatkan channel tenggelam atau tidak terjangkau. 

2. Ada Channel Lain dengan Nama Sama

Nama sebuah channel ternyata tidak hanya berfungsi sebagai brand atau merk saja, tapi juga sekaligus sebagai sarana agar terdeteksi dengan baik oleh Youtube. Karenanya, pemilihan nama channel tidak boleh dilakukan secara sembarangan dan harus dilandasi riset yang berkualitas. Utamanya untuk menghindari nama yang mirip atau bahkan sama dengan kreator sebelumnya. Tujuannya jelas, untuk menghindari potensi tenggelam, karena algoritma Youtube memiliki kecenderungan memberikan saran channel dengan viewers terbanyak.

Cara Mengatasi Channel Youtube yang Tidak Muncul di Pencarian

Setelah memahami beberapa penyebab umum di atas, maka saatnya untuk memahami cara mengatasi masalahnya. Jika dicermati, hal ini sebenarnya cukup sederhana, yakni cukup dengan mengikuti instruksi yang dijelaskan di bawah ini:

1. Optimasi Kata Kunci

Cara pertama yaitu dengan menggunakan atau menambahkan kata kunci yang telah dioptimasi pada pengaturan yang tersedia. Yakni dengan melakukan sejumlah poin penting yang disebutkan berikut ini:

  • Buatlah kata kunci yang memiliki nilai spesifik dan unik;
  • Lebih baik lagi jika memperhatikan trend yang berkaitan dengan minat para viewers paling kekinian; dan
  • Usahakan untuk memakai bantuan dari aplikasi riset yang terpercaya seperti Google Trend, VidiQ, dan berbagai macam aplikasi riset keyword yang lainnya.

2. Bagikan Info Channel dengan Link

Kemudian, cara mengatasi yang kedua adalah dengan menggunakan link. Para kreator Youtube, bisa membagikan link channel di berbagai media sosial yang lain seperti Twitter, Facebook, WhatsApp dan sebagainya. Link yang dibagikan ini tentu akan memudahkan Youtuber mempromosikan channelnya. Terlebih, jika yang bersangkutan aktif bersafari di grup atau komunitas tertentu yang relevan, maka peluang mendapat viewers semakin besar. 

Bila ingin menggunakan alternatif ini, caranya sangat mudah. Yakni cukup dengan mengetuk titik tiga vertikal pada pojok kanan layar, lalu pilih share. Berikutnya tinggal memilih media sosial apa yang ingin dituju, semisal WA atau FB. Selain itu, pembagian juga bisa dilakukan dengan menyalin link yang ada di bagian atas secara manual. 

Nah, itulah tadi serangkaian informasi mengenai penyebab dan cara mengatasi channel Youtube yang tidak muncul di pencarian yang dapat disajikan. Bagaimana? Sudah siap menerapkannya pada channel Youtube masing-masing untuk menjaring sebanyak-banyaknya viewers? Pastikan dulu semua caranya dilakukan secara runut dan tidak ada yang terlewat! 

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>

Baca Juga:

Baca Juga:

Baca Juga:

Baca Juga:


Konten Unggulan