Pilihan Cara Mengatasi FD Write Protected Tanpa Format Termudah

Pilihan Cara Mengatasi FD Write Protected Tanpa Format Termudah
Daftar Isi Artikel


Renovasi Otak -FD Write Protected adalah keadaan di mana flashdisk yang digunakan tidak bisa berfungsi dengan semestinya. Anda tidak dapat menambahkan maupun menghapus data pada flashdisk tersebut. Bahkan untuk melakukan format flashdisk pun juga tidak bisa dilakukan. Ini terjadi karena flashdisk terkunci. Namun, hal ini sebenarnya bisa disiasati dengan cara mengatasi FD Write Protected berikut ini:

Memperbaiki FD dengan CMD

Pertama, yang dapat dilakukan sebagai cara mengatasi FD Write Protected tanpa kehilangan data di dalamnya adalah dengan menggunakan CMD. Ini merupakan cara termudah untuk dilakukan, sebab setiap komputer dan laptop pasti memilikinya. Anda bisa mengakses command prompt dan memberikan perintah untuk mengatasi kendala pada flashdisk ini, dengan langkah:

1. Hubungkan FD ke Perangkat PC/ Laptop

Pertama-tama hubungkan flashdisk dengan laptop atau komputer terlebih dahulu. Lanjutkan dengan membuka file explorer pada laptop/PC. Setelah anda membuka laptop/PC, flashdisk yang terkunci akan memberikan notifikasi melalui jendela pop up. Tutup jendela tersebut dan abaikan. Catat dan ingat-ingat tempat atau nama drive flashdisk yang terkunci ini. Selanjutnya, tekan Windows + R pada keyboard.

2. Jalankan Command Promt

Setelah menyelesaikan perintah di atas, maka pada jendela yang baru, ketikkan cmd dan enter. Kemudian, command promt akan terbuka. Lanjutkan dengan mengetikkan nama drive di mana flashdisk berada di drive dengan format chkdsk (nama drive):/r. Tekan enter untuk memprosesnya. Jika kemudian ada jendela bertuliskan Convert lost chains to files? Ketikkan y dan enter. Flashdisk bisa digunakan kembali setelah itu tanpa ada data yang hilang.

Mengatasi Write Protected dengan Aplikasi

Cara mengatasi yang kedua adalah menggunakan aplikasi. Tentunya aplikasi ini perlu diunduh dan dipasang terlebih dahulu di perangkat anda. Salah satu aplikasi yang bisa membantu masalah flashdisk yang terkunci ini adalah EaseUS Data Recovery. Anda bisa mengunduhnya melalui situs resminya atau melalui link unduh yang disediakan pihak ketiga.

Langkah pertama tentunya anda perlu menghubungkan flashdisk di PC/laptop. Selanjutnya lakukan pemasangan aplikasi EaseUS Data Recovery. Setelah terpasang, buka aplikasi tersebut. Flashdisk yang sudah terhubung dengan perangkat pasti akan terlihat pada tampilan EaseUS Data Recovery. Pilih atau Select drive lokasi flashdisk anda. Lanjutkan dengan memilih Scan.

Kemudian, anda harus menunggu beberapa saat hingga hasil scan ditampilkan. Pada hasil scan tersebut pilih data-data yang akan disimpan ke laptop/PC agar tidak terformat. Jika sudah dipilih, lanjutkan dengan klik Recover. Pilih lokasi penyimpanan data tersebut di laptop/PC anda, lalu pilih Ok. Setelah proses selesai, buka laptop/PC dan cek data yang sudah disimpan. Selanjutnya flashdisk sudah bisa diformat.

Mengembalikan Fungsi FD Lewat Registry Editor

Kemudian, cara mengatasi FD Write Protected yang terakhir adalah dengan menggunakan fitur Registry Editor. Fitur ini hampir sama seperti cmd atau command prompt. Secara default, fitur ini sudah ada di laptop/PC. Dengan kata lain anda tidak perlu melakukan pengunduhan untuk melakukan cara ini.

Tentunya anda harus menyambungkan flashdisk yang terkunci dengan laptop/PC terlebih dahulu. Selanjutnya tekan Windows + R di keyboard laptop/PC anda. Pada jendela yang terbuka, ketikkan Regedit dan tekan enter. Selanjutnya, tampilan akan memperlihatkan beberapa bagian. Klik pada HKEY_LOCAL_MACHINE.

Lalu lanjutkan lagi dengan memilih opsi SYSTEM dan selanjutnya pilih CurrentControlSet. Pada bagian ini, anda harus melakukan klik kanan dan memilih opsi Modify. Biarkan jendela baru muncul dan pada kolom value data, ubah angkah menjadi 0. Lanjutkan dengan klik Ok untuk menyimpan data. Setelah proses selesai dan jendela tertutup cabut fd dan restart laptop/PC. Flashdisk anda sudah bisa diformat.

Demikian cara mengatasi FD Write Protected yang mudah tanpa perlu khawatir kehilangan data-data di dalamnya. Jadi, tidak perlu terburu-buru untuk membuang flashdisk tersebut. Cobalah cara di atas sehingga data-data dan flashdisk dapat digunakan kembali. 

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>

Baca Juga:

Baca Juga:

Baca Juga:

Baca Juga:


Konten Unggulan