Berikut 6 Cara Mengetahui Ada Aplikasi Penyadap di HP Anda

Berikut 6 Cara Mengetahui Ada Aplikasi Penyadap di HP Anda
Daftar Isi Artikel

Renovasi Otak -Apakah anda pernah merasa janggal terhadap ponsel anda karena tiba-tiba banyak iklan tidak diinginkan muncul? Bisa jadi ponsel anda disadap oleh orang lain. Tentu, masalah tersebut harus diwaspadai. Namun, tidak perlu khawatir, anda bisa mencari tahu tentang cara mengetahui ada aplikasi penyadap di HP dengan mudah.

HP yang disadap pastinya akan sangat merugikan anda. Apalagi banyak data penting yang tersimpan di dalamnya. Penyadapan ini bisa dilakukan oleh siapapun, baik orang terdekat maupun oleh orang yang tidak dikenal sama sekali. Berikut panduan untuk mengetahui ada aplikasi penyadap di HP anda:

1. Kuota Internet Cepat Habis

Penyadap biasanya akan diam-diam menjalankan aplikasi jahat yang sangat merugikan penggunanya. Aplikasi jahat yang diinstal oleh penyadap ini membuat kuota internet cepat habis. Aplikasi tersebut biasanya dijalankan di background, menyerap banyak informasi di HP, dan tanpa anda ketahui informasi tersebut akan dikirimkan ke server.

Supaya anda terhindar dari kejadian yang merugikan seperti ini, pastikan anda memantau kuota internet secara rutin. Jika memang kuota internet cepat habis, sedangkan anda merasa tidak terlalu banyak menghabiskan kuota, maka periksa daftar aplikasi yang banyak menguras kuota. Coba lihat hasilnya, jika penggunaannya normal, maka bisa jadi terdapat aplikasi tersembunyi yang terpasang di HP anda.

2. Baterai Bermasalah

Tidak banyak menggunakan HP, namun baterai cepat habis? Waspadalah! Karena bisa jadi ada orang lain yang menyadap HP anda. Jika keanehan tersebut terjadi, anda bisa memeriksa penggunaan HP dan lihat aplikasi apa saja yang sudah digunakan dan dampaknya terhadap baterai.

Anda juga bisa memeriksa  aplikasi yang paling banyak menguras baterai dan waktu penggunaannya melalui pengaturan di HP. Jika penggunaan HP normal tapi baterai cepat boros, maka kemungkinan ada perangkat yang menyadap HP anda melalui aplikasi jahat.

3. Muncul Iklan Tidak Diinginkan

Cara mengetahui ada aplikasi sadap HP di perangkat Anda selanjutnya adalah adanya iklan yang tidak diinginkan muncul dan cukup mengganggu. Hal ini bisa terjadi, jika anda mengunduh aplikasi pihak ketiga di HP. Aplikasi pihak ketiga beresiko mengancam keamanan dan berbahaya karena berisi malware.

Biasanya malware mempunyai kegunaan untuk menyadap HP. Terkadang malware berwujud tampilan iklan yang menggangu dan susah dihapus di HP. Jadi jika terdapat iklan yang sering muncul tanpa diinginkan, coba cek aplikasi yang ada di HP tersebut, untuk kemudian dilakukan penghapusan.

4. HP Jadi Lemot

Baterai bermasalah, kuota cepat habis, dan banyak iklan tidak diinginkan bermunculan. Tentu, hal ini membuat kinerja HP menjalankan aktivitas ekstra yang membuat kinerja HP anda jadi lemot, bahkan untuk melakukan aktivitas yang ringan. Untuk mencegah hal tersebut tidak terjadi, coba periksa apakah anda mendapati aplikasi jahat yang membuat kinerja HP bermasalah dan jadi lemot.

5. Tampilan Website Berbeda

Biasanya aplikasi penyadap juga akan mengganti tampilan website anda. Aplikasi jahat tersebut akan berperan sebagai proxy yang mencegah anda mengunjungi situs yang hendak dibuka. Malware tampilannya dapat menyerupai situs aslinya. Bahkan akan berbahaya bagi anda, jika saat situs dibuka membutuhkan data pribadi seperti password hingga online banking.

6. Menerima SMS dengan Simbol Aneh

Barangkali anda pernah mendapati SMS yang disertai dengan huruf dan simbol yang aneh. Anda diharapkan waspada dan berhati-hati karena bisa jadi HP anda disusupi aplikasi penyadap. Aplikasi penyadap biasanya juga menjalankan perintah dari server dengan cara mengirimkan SMS berisi kode. Parahnya lagi, aplikasi tersebut dapat mengirimkan SMS aneh ke teman, keluarga, dan orang lain, memakai nomor anda tanpa anda ketahui.

Itulah cara mengetahui ada aplikasi penyadap di HP yang bisa anda terapkan. Terutama di masa sekarang, dengan maraknya aplikasi penyadapan yang dapat mencuri informasi pribadi yang akan merugikan anda. Jadi, harap waspada dan berhati-hati.

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>

Baca Juga:

Baca Juga:

Baca Juga:

Baca Juga:


Konten Unggulan