6 Cara Mengetahui IP Wifi dengan Mudah, Pasti Berhasil!

6 Cara Mengetahui IP Wifi dengan Mudah, Pasti Berhasil!
Daftar Isi Artikel
Cara Mengetahui IP Wifi

Renovasi Otak - Bagaimana cara mengetahui IP Wifi? IP Wifi didapatkan oleh para pengguna saat mulai menggunakan layanan Wifi sendiri. IP Wifi memang jarang sekali dihafal oleh pengguna. Namun sebenarnya IP sangat penting apalagi saat akan mengganti pengaturan Wifi. Sehingga meskipun tidak hafal simpanlah catatan IP dengan baik agar mudah saat dibutuhkan.

Jika mengalami keadaan yang kehilangan catatan IP dan tidak ingat maka dapat dilakukan cara lainnya. Langkah-langkah cara tersebut dapat dilakukan melalui laptop maupun handphone, sebagai berikut:

BACA JUGA: Cara Bobol WiFi

1. Buka Melalui Control Panel

Cara mengetahui IP Wifi yang pertama yaitu dengan membuka IP Address melalui Control Panel. Hal ini biasa dilakukan menggunakan bantuan perangkat komputer maupun laptop. Langkah yang perlu untuk dilakukan cukup mudah dan praktis. Para pengguna tidak akan perlu kesulitan untuk mengetahui IP Wifinya.

Langkah pertama yang perlu dilakukan yaitu membuka control panel yang ada pada bagian start. Setelah itu buka pengaturan Jaringan dan Internet, kemudian tekan bagian Network and Sharing Center. Pilihlah jaringan Wifi yang terhubung kemudian lihatlah detail status. Alamat IP Wifi akan dapat terlihat.

2. Akses Pengaturan Network and Internet

Membuka jaringan internet dapat membuat para penggunanya juga mengetahui alamat IP Wifi. Langkah yang perlu dilakukan yaitu dengan klik kanan pada bagian simbol Wifi di laptop. Simbol tersebut terletak pada bagian kanan bawah. Setelah itu pilih properties maka akan muncul alamat Wifi yang ingin diketahui. IP Wifi tersebut akan berada pada bagian bawah. Berupa barisan digit angka yang diselingi dengan tanda titik.

3. Gunakan Command Prompt

Ketiga, pengecekan juga dapat dilakukan menggunakan Command Prompt pada perangkat komputer maupun laptop. Cara untuk membuka hal tersebut yaitu dengan menekan secara bersamaan Windows dan R. Selain itu cara lainnya seperti klik start dan run.

Ketik ipconfig pada bagian yang telah disediakan lalu tekan enter. Setelah itu akan muncul IP Wifi yang terhubung dengan perangkat komputer atau laptop. Sehingga pengguna tinggal mencatat atau menyalinnya ke note saja.

4. Manfaatkan Mac

Cara keempat yang dapat dilakukan untuk mengetahui IP Wifi yaitu mengggunakan Macbook. Langkah awal yang perlu dilakukan ialah dengan menekan ikon apple pada bagian bawah, kemudian memilih System Preferences. Setelah jendela terbuka, maka klik network. Akan muncul perangkat Wifi yang terhubung dan lihatlah pada bagian akhir. Kumpulan angka tersebut adalah alamat IP Wifi yang dimiliki pengguna. Catatlah pada buku atau copy dan salin pada catatan Mac.

5. Pakai Pengaturan Handphone

Apakah ada cara mengetahui alamat IP Wifi melalui handphone? Hal tersebut dapat saja dilakukan dengan mudah dan cepat. Bukalah pengaturan handphone masing-masing kemudian pilih connection. kemudian tinggal pilih bagian Wifi dan jaringan internet yang sedang terkoneksi. Maka identitas seperti IP dan lainnya akan tampil pada layar.

6. Menggunakan IP Tools

Pengguna juga bisa memakai aplikasi ketiga untuk melakukan pengecekan IP. Bila ingin menggunakan cara ini, maka yang perlu dilakukan ialah mengunduh aplikasi IP Tools pada laptop atau handphone. Aplikasi ini hanya membutuhkan memori penyimpanan sebesar 12 MB. Sehingga sangat praktis dan tidak membebani perangkat. Maka tidak heran, penilaian dari aplikasi ini baik, yaitu 4,4 bintang.

Demikianlah tadi informasi cara mengetahui IP Wifi yang dapat diterangkan. Sekarang, pengguna tidak perlu risau jika akan mengganti pengaturan Wifi meskipun telah kehilangan IP Address Wifinya. Sehingga, semua aktivitas yang berkaitan dengannya pun dapat tetap dilakukan! Bagaimana sudah siap untuk mencobanya?

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>

Baca Juga:

Baca Juga:

Baca Juga:

Baca Juga:


Konten Unggulan