Apa itu Custom ROM? Penjelasan Lengkap Tentang Custom ROM

Apa itu Custom ROM? Penjelasan Lengkap Tentang Custom ROM
Daftar Isi Artikel
custom rom

Renovasi Otak - Jika Anda membaca posting ini, kemungkinan Anda baru mengenal dunia Custom ROM Untuk Android. Apakah saya benar?

Sebagai pemula, memahami banyak istilah teknis baru seperti "bootloader", "custom recovery", "flashing ROM", dll. Percayalah, saya pernah ke sana.

Bagi saya, semuanya dimulai ketika saya secara tidak sengaja menemukan utas di XDA sambil mencari kiat untuk menghidupkan kembali smartphone lama saya yang tertinggal. Dan itu membuka pintu ke dimensi paralel pengembangan sistem operasi berbasis Android ini bagi saya.

Percayalah, saya sangat takut ketika akhirnya mem-flash Custom ROM di smartphone itu. Tidak ada hadiah untuk menebak, ketakutannya bukan kegagalan, melainkan membuat HP tidak berguna dalam proses (bricking)!

Syukurlah, itu berjalan dengan baik, dan saya sangat terkejut dengan hasilnya dan bertanya-tanya mengapa saya tidak tahu tentang ini sebelumnya.

Jika Anda berbagi dilema, saya dapat meyakinkan Anda bahwa jika saya dapat mem-flash Custom ROM di perangkat Android saya, dengan pengetahuan saya yang sangat terbatas, Anda juga dapat melakukannya.

Berhati-hatilah bahwa Anda mungkin tidak akan pernah lagi ingin kembali menggunakan OS bawaan yang disediakan oleh pabrikan smartphone Anda (ya!). Kecuali itu perangkat Pixel atau OnePlus mungkin, akan dibahas nanti mengapa.

Kembali ke tempat kita memulai, saya akan menganggap Anda seorang pemula jika Anda membaca artikel ini (walaupun tidak, saya senang Anda masih bersama saya).

Mari kita mulai mengambil langkah kecil ke dunia ROM khusus untuk Android dan memahami apa itu dan apa yang membuatnya begitu keren. Perhatikan bahwa dalam artikel ini kami tidak akan membahas proses yang terlibat, atau mencoba memahami teknisnya; kita hanya akan fokus pada dasar-dasarnya.

Apa itu Android?

apa itu custom rom

Android adalah sistem operasi berbasis sentuhan yang dikembangkan dan dikelola oleh Google untuk smartphone dan tablet. Ini didasarkan pada versi kernel Linux yang dimodifikasi.

Apa itu Open Source Project Android (AOSP)?

Android Open Source Project (AOSP) adalah repositori resmi OS Android yang dikelola oleh Google di mana kode sumber dalam bentuk paling murni tersedia untuk diunduh siapa saja . Tujuan AOSP adalah untuk menyediakan kerangka kerja sumber terbuka bagi pengembang dan produsen untuk membangun sambil mempertahankan kompatibilitas di berbagai perangkat Android.

Kode sumber dimodifikasi oleh berbagai OEM (seperti Samsung dan OnePlus) untuk menambahkan fitur tambahan, penyesuaian, atau pengoptimalan kinerja untuk perangkat seluler mereka.

Pengembang independen menggunakan kode sumber yang sama untuk membangun varian kaya fitur dari sistem operasi Android untuk berbagai perangkat. Mari kita bahas bagian ini lebih lanjut.

Apa itu Stock ROM?

Stock ROM adalah OS yang sudah diinstal sebelumnya pada perangkat Android baru. Pabrikan membangunnya dengan mengutak-atik OS Android untuk memberikan rasa yang unik. Contoh populer: Samsung Experience dan OxygenOS.

Apa itu Custom ROM?

pengertian custom rom

Dengan kata sederhana, pengertian custom ROM adalah firmware berdasarkan sistem operasi Android untuk perangkat seluler. Biasanya, mereka dibuat untuk meningkatkan antarmuka pengguna dan/atau menambahkan fitur di atas Android dalam bentuk vanilla-nya.

Sebagian besar ROM khusus dikembangkan dan dikelola oleh pengembang Android individu atau tim kecil. Namun, ini adalah beberapa contoh perusahaan yang mengembangkan custom ROM.

Mengapa Anda Harus Menginstal Custom ROM?

Ada beberapa alasan mengapa Anda mungkin ingin menggunakan ROM khusus.

Stock Android: Sebagian besar produsen smartphone mengirimkan perangkat mereka dengan sistem operasi Android custom. Dan meskipun beberapa mungkin menyukainya, jika Anda seperti saya, Anda akan lebih memilih OS yang bersih dan tanpa basa-basi di perangkat Anda. Dan karena sebagian besar custom ROM mempertahankan antarmuka pengguna murni Android, ini adalah pilihan yang jelas untuk digunakan jika Anda menyukai kesederhanaan.

Android terbaru pada perangkat lama: Sebagian besar produsen smartphone mendukung perangkat mereka dengan peningkatan OS selama satu atau dua tahun. Itu bukan satu peningkatan versi utama dan beberapa pembaruan keamanan. Dan kemudian beberapa perusahaan melakukan yang lebih buruk. Jadi, jika Anda terjebak dengan versi Android yang sudah ketinggalan zaman di smartphone lama yang tidak lagi mendapatkan pembaruan resmi dari pabrikan, Anda dapat memikirkan ROM khusus dengan serius. Plus, pengembang ROM khusus umumnya jauh lebih cepat dalam mendorong pembaruan daripada kebanyakan produsen.

Singkirkan bloatware: Saat Anda membeli smartphone baru, Anda akan melihat bahwa ia datang dengan banyak aplikasi yang dimuat sebelumnya, baik dari pabrikan atau pihak ketiga. Perusahaan aplikasi pihak ketiga membayar OEM untuk mengirimkan perangkat mereka dengan aplikasi mereka, yang pada gilirannya membantu menurunkan harga smartphone secara keseluruhan untuk konsumen. Ini biasanya aplikasi yang paling jarang digunakan. Yang lebih buruk – kebanyakan dari mereka diinstal sebagai aplikasi sistem, yang berarti Anda tidak dapat menghapusnya jika Anda mau (walaupun akhir-akhir ini, saya telah mengamati perubahan yang disambut baik dalam praktik ini). Memasang ROM khusus pada perangkat Anda memastikan Anda memiliki sistem yang bersih dari aplikasi yang tidak diinginkan – yang pada gilirannya berarti lebih banyak ruang penyimpanan dan lebih sedikit RAM yang terbuang.

Fitur tambahan/kustomisasi: Custom ROM hadir dengan banyak fitur tambahan yang tidak ditemukan di OS bawaan perangkat Anda. Dan tidak seperti yang disediakan oleh produsen, ini lebih sering berguna daripada tidak. Tambahkan ke kemungkinan tak terbatas untuk menyesuaikan tampilan dan nuansa perangkat Anda seperti yang Anda inginkan, ini adalah kesepakatan yang solid.

Dapatkan kembali kendali atas perangkat Anda: Sebagian besar smartphone sengaja dibuat kurang bertenaga oleh produsen. Ini berarti Anda tidak mendapatkan pengalaman yang mampu disediakan oleh perangkat keras pada perangkat Anda. Mem-flash ROM khusus dan mendapatkan akses root memastikan Anda mendapatkan kinerja maksimal dari perangkat Anda. Ingat, Anda juga membayar perangkat keras saat membeli telepon.

Mengapa Anda Harus Menghindari Custom ROM?

Terlepas dari banyak keuntungan, masih ada beberapa poin yang menjadi resiko install custom ROM berikut ini:

Kehilangan garansi: Mengganti sistem operasi bawaan perangkat Anda dengan Custom ROM biasanya membatalkan garansi Anda.

Kemungkinan kerusakan pada perangkat Anda: Proses menginstal Custom ROM bukan untuk semua orang. Lakukan hanya jika Anda ingin menerima tantangan, dan risiko merusak HP Anda jika terjadi kesalahan.

Performa baterai: Telah diamati bahwa perangkat Android memberikan masa pakai baterai paling lama pada skin stok mereka. Ini karena mereka dioptimalkan untuk perangkat keras dan diuji secara ketat.

Masalah perangkat keras: ROM khusus terkadang tidak stabil pada perangkat Anda karena pada awalnya tidak dibuat untuk mendukung perangkat keras Anda. Mungkin ada restart tiba-tiba, frame drop atau crash. Namun, akhir-akhir ini, saya perhatikan bahwa ekosistem Custom ROM telah banyak berkembang dan banyak dari masalah ini tidak lagi sering terjadi.

Apakah Custom ROM Aman untuk Diinstal?

resiko custom rom

Ya, custom ROM sangat aman untuk diinstal sebagai driver harian Anda. Tetapi ada beberapa hal yang perlu diingat di sini:

Sumber: Unduh Custom ROM hanya dari situs web resmi masing-masing atau XDA.

Petunjuk: Ikuti petunjuk instalasi yang diberikan oleh pengembang secara religius. Seringkali pengembang tidak menjelaskan proses secara mendalam dengan asumsi Anda sudah mengetahuinya. Jadi, lakukan riset menyeluruh sebelum menginstal Anda terlebih dahulu.

Bantuan ahli: Ambil bantuan ahli jika diperlukan. Tonton video tutorial di Youtube, hubungi nerd Android yang Anda kenal atau ajukan pertanyaan Anda di forum XDA sehingga pengembang atau sesama anggota dapat membantu Anda,

Siapa yang Harus Menginstal Custom ROM?

Pertama, ketahuilah bahwa menginstal custom ROM memiliki risiko seperti yang dijelaskan sebelumnya. Anda harus sangat yakin bahwa Anda menginginkan pertukaran ini.

Jika perangkat Anda masih dalam garansi, mengganti OS bawaan dapat membatalkannya. Baca dokumen garansi terlebih dahulu.

Jika perangkat Anda tidak lagi dalam garansi tetapi berfungsi dengan sempurna dan Anda tidak melihat alasan untuk mengganti OS, maka jangan lakukan itu.

Saya tidak akan merekomendasikan seseorang dengan pengetahuan teknis terbatas atau kecenderungan untuk memecahkan masalah untuk menginstal Custom ROM sendiri.

Namun, jika Anda memiliki hasrat untuk mencoba sesuatu yang berbeda dan siap untuk melakukan semua pemecahan masalah jika ada yang salah, lakukan saja.

Perangkat Mana yang Tidak Memerlukan Custom ROM?

Ini sangat subjektif. Perangkat apa pun dapat bertahan dengan baik tanpa ROM khusus. Tetapi pendapat pribadi saya adalah, jika perangkat Anda sudah menjalankan versi Android yang hampir habis, jangan gunakan ROM khusus.

Jadi perangkat mana yang khusus? Ayo lihat.

Smartphone Pixel – Memberikan pengalaman Android murni dengan tambahan fitur dan penyempurnaan khusus Pixel.

Smartphone OnePlus – Mereka berjalan di OxygenOS, yang memberikan pengalaman stok hampir habis dan sangat dioptimalkan untuk kecepatan dan kinerja.

Smartphone Android One – Pembaruan untuk smartphone ini didorong oleh Google sendiri sebagai bagian dari proyek Android One.

Lainnya – Ada beberapa produsen yang terkadang meluncurkan perangkat dengan pengalaman Android yang hampir habis, tanpa menjadi bagian dari proyek Android One.

Apakah Custom ROM Legal?

Sangat. AOSP adalah sumber terbuka. Ini berarti bahwa setiap modifikasi yang dibuat di bawah lisensi open source yang sesuai sepenuhnya legal selama kode baru yang ditambahkan bukan merupakan hak milik.

Saya senang Anda masih bersama saya dalam perjalanan belajar ini. Saya harap kami dapat memahami dasar-dasar Custom ROM, kelebihan dan kekurangannya, dan apakah Anda benar-benar perlu mem-flash-nya di perangkat Anda.

Selanjutnya, saya akan menyarankan Anda untuk membaca artikel saya tentang custom ROM terbaik untuk Android dan mencari tahu mana yang Anda suka berdasarkan kebutuhan Anda.

Dengar, aku tahu itu bisa menakutkan pada awalnya, tapi bukankah kebanyakan hal dalam hidup itu sama?

Jika Anda memiliki pertanyaan atau saran, silakan tulis di komentar. Saya akan dengan senang hati menjawabnya karena itu membantu saya sama seperti Anda.

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>

Baca Juga:

Baca Juga:

Baca Juga:

Baca Juga:


Konten Unggulan