Kenapa Baterai HP Cepat Habis? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kenapa Baterai HP Cepat Habis? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya
Daftar Isi Artikel
kenapa baterai hp cepat habis

Renovasi Otak - Kenapa baterai HP cepat habis? Hal ini merupakan masalah paling umum yang dialami oleh pemilik HP Android semua merek, baik itu Xiaomi, Samsung, Oppo, dan lainnya. Kondisi ini terjadi karena berbagai alasan yang harus Anda ketahui penyebabnya.

Baterai HP yang cepat habis padahal jarang dipakai akan mempengaruhi kinerja dan peforma perangkat. Jika dibiarkan, tentu saja masalah ini akan membuat HP Anda cepat rusak.

Kenapa Baterai HP Cepat Habis?

Masalah umum yang menyebabkan baterai HP cepat habis adalah adanya banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang. Tak hanya itu saja, hal lain juga disebabkan pada aplikasi yang terlalu sering digunakan.

Melansir pCloud, terdapat beberapa aplikasi yang diklaim menjadi penyebab baterai HP cepat habis atau boros batre. Anda bisa mengetahui aplikasi apa saja pada gambar dibawah.

peyebab baterai hp cepat habis

Banyaknya jumlah memori yang berjalan di latar belakang oleh aplikasi diatas, tentu saja akan membuat baterai HP Anda menjadi boros dan cepat habis.

Namun tidak hanya itu saja, terdapat hal lain yang menyebabkan baterai HP Android atau iPhone Anda menjadi boros. Simak poin-poin di bawah ini:

Penyebab Baterai HP Cepat Habis dan Cara Mengatasinya

Disamping itu, banyak faktor lain yang menjadi penyebab baterai HP cepat habis, diantaranya yaitu:

1. Tingkat Kecerahan Layar Berlebihan

Penyebab pertama yaitu tingkat kecerahan layar pada HP Anda terlalu terang. Layar merupakan salah satu komponen smartphone yang memakan cukup banyak daya baterai. Semakin cerah layar HP Anda, maka baterai juga akan cepat terkuras.

Untuk itu, sebisa mungkin gunakan kecerahan layar rendah. Selain dapat menghemat baterai, ini juga akan meminimalisir terjadinya sakit mata karena layar HP terlalu cerah.

2. Mengaktifkan GPS, WiFi, ataupun Bluetooth Secara Bersamaan

Penggunaan aplikasi atau fitur smartphone yang menggunakan lokasi secara bersamaan akan membutuhkan koneksi internet yang kuat. Hal ini juga akan mempengaruhi daya baterai yang diperlukan menjadi besar.

Jika tidak diperlukan untuk mengaktifkannya secara bersamaan, sebisa mungkin gunakan seperlunya saja. Namun biasanya, akan ada aplikasi yang aktif secara otomatis ketika HP Anda menyala, GPS contohnya. Untuk itu, Anda harus mengecek apakah ada fitur yang aktif dan tidak diperlukan? Alangkah baiknya Anda mematikannya.

Hal ini banyak dialami oleh pengguna smartphone Xiaomi. Jadi, tidak heran jika banyak yang bertanya-tanya kenapa baterai HP Xiaomi cepat habis.

3. Berada di Area Jaringan Lemah

Keberadaan pada sinyal atau jaringan yang lemah, akan memaksa smartphone Anda untuk mencari jaringan terbaik di daerah tersebut. Tentu saja, hal ini akan menyebabkan baterai HP cepat habis.

Perumpamaan: HP Anda sudah support jaringan 4G atau bahkan 5G, namun di daerah yang Anda tempati saat itu, hanya mampu menangkap sinyal 3G (H+). Hal inilah yang membuat smartphone Anda bekerja keras untuk mencari sinyal 4G ataupun 5G di daerah tersebut.

4. Penggunaan Wallpaper Bergerak (Live Wallpaper)

Tanpa Anda sadari, penggunaan Live Wallpaper juga mempengaruhi kinerja baterai smartphone Anda. Live Wallpaper akan memaksa HP Anda untuk menjalankan animasi setiap perangkat dioperasikan.

Animasi tersebut tentu bukan hanya sekedar gambar bergerak saja, melainkan baterai HP Anda akan cepat habis karena animasi itu.

Untuk itu, Anda bisa mengubah gambar dengan gambar biasa saja dengan format .jpg atau .png.

5. Kerusakan pada Charger

Selain itu, boros baterai juga bisa disebabkan oleh charger HP yang rusak. Kerusakan pada charger HP, akan menjadikan baterai HP ngedrop sehingga sangatlah boros.

Untuk menghindari hal ini, pastikan Anda menggunakan charger ORI bawaan HP Xiaomi, Oppo, Vivo, ataupun merk lainnya.

BACA JUGA: Kenapa HP Tidak Bisa di Cas

Jika baterai HP sudah rusak, Anda harus mengganti baterai tersebut dengan yang baru. Pastikan, Anda membeli baterai HP yang ORI untuk batre tanam sekalipun.

Nah, itulah beberapa alasan kenapa baterai HP cepat habis dan cara mengatasi baterai boros yang bisa Anda terapkan pada smartphone Anda. Silahkan mencoba!

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>

Baca Juga:

Baca Juga:

Baca Juga:

Baca Juga:


Konten Unggulan