7 Kelebihan Menggunakan Lantai Keramik Untuk Rumah Anda

7 Kelebihan Menggunakan Lantai Keramik Untuk Rumah Anda
Daftar Isi Artikel
kelebihan keramik

Renovasi Otak - Ketika datang untuk memilih ubin untuk rumah Anda, mungkin sulit untuk mempersempit pilihan Anda karena ada beberapa yang tersedia di pasaran. Salah satu jenis lantai terbaik dan banyak tersedia di toko bangunan adalah ubin keramik. Hal ini dikarenakan keramik memberikan beberapa keunggulan dibandingkan dengan pilihan lain.

Lantas apa saja manfaat memasang ubin keramik di rumah Anda? Berikut adalah beberapa alasan mengapa Anda mungkin ingin memilih jenis lantai ini.

Kelebihan Menggunakan Lantai Keramik

Ubin keramik seringkali dibandingkan dengan ubin porselen biasa karena kesamaannya. Namun, ada perbedaan utama antara keduanya yang membantu Anda memilih jenis ubin yang akan dipasang di dalam kamar Anda. Berikut adalah beberapa manfaat dari ubin keramik:

1. Harga Terjangkau

Salah satu keunggulan utama ubin keramik adalah harganya lebih terjangkau daripada jenis lantai lainnya. Biayanya berkisar Rp 50.000 untuk ukuran 30x30, jadi sangat bagus untuk ruang yang lebih besar. Jenis ubin ini umumnya lebih murah dibandingkan dengan pilihan serupa seperti ubin porselen karena menggunakan tanah liat yang kurang halus. Ubin keramik juga memiliki siklus hidup yang rendah yang berarti mereka dapat bertahan lama tanpa harus memperbaiki atau menggantinya.

2. Pemeliharaan

Tidak ada perawatan khusus yang diperlukan untuk ubin keramik , jadi sangat bagus untuk orang yang tidak ingin menghabiskan banyak waktu dan tenaga untuk membersihkan lantai mereka. Anda dapat dengan mudah merawatnya dengan menyapu atau menyedot debu dan kotoran yang menumpuk di ubin. Noda, air, dan tumpahan yang membandel juga dapat dibersihkan dengan mengepel lantai. Anda bahkan dapat membersihkan ubin ini dengan menggunakan pembersih tugas berat tanpa harus khawatir apakah itu menyebabkan kerusakan atau tidak.

Ubin juga tahan air, menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk lantai dapur dan kamar mandi. Lantai dapur dan kamar mandi dikenal mudah basah dan kotor karena semua cairan yang tumpah ke lantai. Ubin keramik juga tidak menyerap bau atau bakteri, oleh karena itu banyak orang memilih ubin jenis ini untuk dapur atau kamar mandi mereka.

Untuk perawatan yang lebih mudah, ada juga opsi untuk memasang ubin keramik berlapis kaca untuk rumah Anda. Ubin keramik glasir lebih tahan air karena tidak menyerap air atau cairan yang tumpah di lantai karena lapisannya yang berlapis. Ubin keramik porselen juga tersedia di pasaran dan merupakan pilihan yang lebih baik jika Anda menginginkan lantai yang lebih tahan lama dan tahan noda. Namun, kedua opsi ini harganya lebih mahal daripada ubin keramik biasa.

3. Keras dan Tahan Lama

Ubin keramik adalah salah satu jenis ubin yang paling tahan lama di pasaran dan dapat bertahan sekitar 10-20 tahun dengan perawatan yang tepat. Dibutuhkan banyak beban untuk memecahkan ubin keramik, jadi Anda tidak perlu khawatir tentang retakan atau penyok dari furnitur berat. Jenis ubin ini cukup tahan lama untuk ruang komersial, dan merupakan salah satu pilihan terbaik untuk ruangan dan area yang memiliki lalu lintas pejalan kaki yang padat karena keras dan tahan gores.

4. Ragam Desain Pilihan

Keuntungan lain dari ubin keramik adalah tersedia dalam beberapa gaya, pola, dan desain. Ini sangat cocok jika Anda menginginkan tampilan yang berbeda di berbagai bagian rumah. Produsen telah menemukan cara baru dan inovatif untuk membuat pola baru dan memproduksi ubin keramik, memberi Anda banyak pilihan untuk dipilih.

Selain itu, jenis lantai ini dapat dipotong menjadi berbagai bentuk dan ukuran untuk membantu menyesuaikan bagian mana pun dari rumah atau bahkan memberikan gaya yang lebih unik. Itu juga dapat meniru tampilan ubin yang lebih mahal seperti kayu keras dan batu alam, sehingga Anda dapat mencapai tampilan lantai yang mahal tanpa merusak bank.

5. Pengurang Alergen

Tidak seperti jenis lantai lainnya, salah satu keunggulan ubin keramik adalah tidak mudah menarik debu, kotoran, bulu binatang, tungau debu, atau serbuk sari seperti lantai berkarpet. Ini membuatnya lebih menguntungkan bagi mereka yang memiliki masalah alergi terkait debu.

Dan karena lantai jenis ini menarik lebih sedikit debu, udara di rumah Anda juga menjadi lebih bersih dan sehat. Jadi tidak seperti lantai berkarpet, ubin keramik mengurangi alergen di udara dan menjaga rumah Anda bebas dari partikel menjengkelkan yang dapat menyebabkan masalah bagi mereka yang menderita asma dan alergi.

6. Tahan Api

Idealnya, salah satu faktor yang harus Anda pertimbangkan saat membeli atau memilih ubin adalah ketahanan apinya. Ubin tahan api menjamin keamanan keluarga Anda, terutama jika Anda memiliki anak-anak.

Ubin keramik lebih tahan api daripada ubin lain karena diproduksi pada suhu yang sangat tinggi. Itu tidak mudah terbakar bahkan ketika Anda menjatuhkan rokok yang menyala ke lantai. Ini sangat membantu untuk dapur di mana ada risiko lebih tinggi untuk menjatuhkan panci dan wajan panas. Lantai jenis ini juga tahan panas, sehingga ideal untuk rumah di iklim yang lebih hangat.

7. Instalasi Mudah

Karena ubin keramik memerlukan sedikit kemampuan untuk dipasang, disarankan untuk memiliki layanan konstruksi profesional untuk menempatkan ubin di rumah Anda. Namun, kebanyakan orang bisa melakukannya sendiri. Bahannya relatif mudah ditangani, jadi beberapa tutorial dapat membantu Anda memahami cara memasang ubin di rumah Anda dengan benar. Keuntungan ini berguna jika terjadi retakan di lantai, Anda dapat dengan mudah mengganti ubin yang pecah sendiri, jadi pastikan untuk menyimpan beberapa ubin cadangan jika hal ini terjadi.

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>

TERKAIT:

TERKAIT:

Baca Juga:


Konten Unggulan