Bunuh Diri Karena Crypto: Crash Cryptocurrency itu Nyata!

Bunuh Diri Karena Crypto: Crash Cryptocurrency itu Nyata!
Daftar Isi Artikel
Bunuh diri karena crypto

Renovasi Otak - Volatilitas adalah roti dan mentega dari pasar cryptocurrency. Tapi hari ini benar-benar berantakan karena Bitcoin, cryptocurrency terbesar yang cenderung dibuntuti oleh pasar crypto lainnya, terus anjlok sebagian karena sangat berkorelasi dengan pasar saham — juga berantakan — dan sebagian karena bom waktu crypto yang telah lama ditakuti yang disebut Terra -Luna baru saja meledak.

“Crypto sudah mati,” kata kolumnis Ross Clark yang menulis di majalah konservatif Inggris The Spectator . Seperti yang terjadi di setiap kecelakaan, investor kripto – ritel dan institusional – menghadapi meme; Michael Saylor, yang perusahaannya MicroStrategy adalah salah satu pemegang bitcoin terbesar, memposting meme photoshopped tentang dirinya yang bekerja di McDonald's. "Sudah berakhir," telah menjadi lelucon lain. Ini jauh dari suasana riang, meskipun-kehancuran mendadak telah membuat banyak investor terkejut, dan subreddit Luna dipenuhi dengan investor yang menayangkan pemikiran bunuh diri dan pesan dukungan.

Tetapi bagi mereka yang lama tertanam dalam industri crypto, terlepas dari penampilannya, kehancuran pasar baru-baru ini bukanlah pergantian peristiwa yang tidak terduga atau akhir yang membawa bencana. “Crypto telah mati setidaknya 4 kali di masa lalu,” 0xbender, seorang pengembang NFT, mentweet . "Apa yang mati mungkin tidak akan pernah mati."

Sejak bull run terbaru dimulai, investor dan pedagang crypto berpengalaman bertanya-tanya kapan pasar beruang (siklus pasar turun) akan dimulai. Lagi pula, kecelakaan yang buruk—perjalanan ke “kota goblin” seperti yang ada di meme— biasanya mengikuti periode kenaikan harga yang lama. Memang, Bitcoin kehilangan setengah nilainya pada Juli tahun lalu, anjlok dari lebih dari $60.000 menjadi di bawah $30.000. Bitcoin diperdagangkan sebentar di bawah $30.000 pada Rabu pagi. 

Tapi beberapa hal membuat crash ini berbeda, dan bisa dibilang lebih menyakitkan. Tidak ada kecelakaan sebelumnya yang begitu terpengaruh oleh kondisi makro pasar tradisional, salah satunya, dan sejak tahun 2020 pasar crypto juga telah melihat ledakan proyek yang dibesar-besarkan dan berisiko di keuangan terdesentralisasi, atau DeFi, dunia—seperti proyek Terra-Luna—dan proyek NFT yang dapat dipertukarkan dalam jumlah tak terhitung. 

“Harga aset kripto seperti Bitcoin mengalami kesulitan untuk berdiri kokoh saat dunia runtuh di sekitarnya, jadi penurunan yang berkelanjutan tentu tidak mengejutkan,” Josh Olszewicz , kepala penelitian di manajer dana kripto Valkyrie Investments, mengatakan kepada Motherboard.

“Aset digital selalu menjadi sedikit bunglon ketika harus mengidentifikasi apa sebenarnya mereka atau bahkan apa artinya sebenarnya. Tetapi karena semakin besar, harga semakin terikat dengan indeks pasar keuangan tradisional seperti S&P 500 dan Nasdaq,” katanya. 

Sesuai laporan Arcane Research bulan lalu, korelasi Bitcoin dengan pasar tradisional mencapai titik tertinggi sepanjang masa di 0,70, di mana -1 berarti berkorelasi negatif dan 1 tersinkronisasi sempurna. Ini adalah berita buruk bagi Bitcoin, sering disebut-sebut sebagai aset yang tidak berkorelasi yang menambah diversifikasi portofolio, karena saham terus memiliki pandangan negatif, menurut aktivitas pedagang di pasar berjangka yang disebut .

Namun, bukan hanya kondisi makro, dan rasa sakitnya tidak merata di seluruh ekosistem kripto. Di luar Bitcoin, beberapa proyek berisiko dimusnahkan sepenuhnya. 

Drama kripto yang telah berkembang selama beberapa minggu terakhir juga telah menambahkan bahan bakar ke api. UST, yang disebut stablecoin algoritmik dengan kapitalisasi pasar $16 miliar yang secara efektif membeli jalannya ke dalam relevansi, diturunkan dari nilai normalnya $1, jatuh ke level $0,45. Token Luna yang menopang UST dan dimaksudkan untuk menyerap volatilitasnya juga telah jatuh secara dramatis, dari lebih dari $60 menjadi $0,88 hari ini. 

Banyak yang khawatir bank run UST juga dapat menjatuhkan Bitcoin dengan kekerasan, dan seluruh pasar dengannya, karena Luna Guard Foundation, organisasi yang mendukung UST, memiliki bitcoin senilai beberapa miliar dolar dalam cadangannya yang siap dijual jika pasak stablecoin dibutuhkan. pertahanan mendesak.

“Semua orang di crypto sedang terluka sekarang, dan kehancuran yang dapat diprediksi ini adalah pukulan yang tidak perlu pada waktu yang salah,” foobar, pengembang DeFi dan NFT dengan nama samaran, mengatakan kepada Motherboard. "Jadi itu diambil jauh lebih buruk daripada, katakanlah, Titan musim panas lalu ." Dia mengatakan dia memiliki “crypto yang cukup untuk bahagia jika naik, cukup uang untuk menghadapi penurunan yang berkepanjangan.”

Terlepas dari tontonan kerugian, tidak ada banyak rasa bencana eksistensial karena banyak industri telah lama mengantisipasi pasar beruang akhirnya. Banyak orang yang menulis bahwa pasar terlalu berlebihan dan keadaan yang tak terhindarkan ini akan menyakitkan—token yang ditingkatkan dari siklus saat ini seperti SafeMoon dan Shiba Inu , dua memecoin yang populer di kalangan investor ritel, telah kehilangan sebagian besar nilainya. dari puncak 2021 mereka. 

Saat harga turun, mungkin ada hikmahnya dalam semua ini. “Periode harga bearish sering melihat ledakan dalam pengembangan protokol karena perhatian dialihkan ke kode kualitas dan tata kelola protokol, daripada harga,” Olszewicz dari Valkyrie Investments mengatakan kepada Motherboard.

Santiago Santos, seorang investor malaikat dalam proyek DeFi , mengatakan kepada Motherboard: "Ini adalah pertumpahan darah karena semua orang dalam mode bertahan hidup." Namun tidak seperti crash besar sebelumnya yang dia alami pada 2012, 2014, dan 2018, dia tidak merasa ada risiko eksistensial terhadap crypto. Saat itu, itu hanya Bitcoin dengan kasus penggunaan terbatas. Hari-hari ini, crypto didorong oleh aplikasi kontrak pintar yang telah memunculkan DeFi dan NFT.

“Ide kontrak pintar sangat kuat tetapi Anda belum memiliki banyak utilitas. Saat ini kami memiliki pasar dan pengguna yang berkembang di seluruh NFT, DeFi, DAO game. Itu tidak akan hilang,” katanya.

Meskipun crash ini tidak akan berarti akhir dari crypto seperti yang diharapkan oleh beberapa kritikus, itu akan menurunkan apa yang disebut Santos sebagai "fluff:" kesepakatan investasi swasta dan protokol yang diperdagangkan di beberapa miliar tanpa produk yang berfungsi. “Ada banyak kesalahan dalam crypto yang akan mati — seperti yang terjadi pada teknologi Web2 dengan bisnis yang tidak menghasilkan arus kas dan memiliki unit ekonomi yang buruk.”

“Kesepakatan pribadi dengan tim-tim top seharusnya tidak meningkat pada penilaian $ 100-200 juta. Itu tidak berkelanjutan. Kesepakatan itu seharusnya bernilai lebih rendah, tetapi itulah yang dilakukan uang murah ke pasar—investor mengejar kesepakatan dan menopang aset lebih jauh dari spektrum risiko tanpa tetap disiplin,” kata Santos. 

“Ketika seseorang memiliki miliaran untuk disebarkan ke dunia transaksi yang relatif kecil, itu tidak akan pernah berakhir dengan baik.”

Mungkin tidak ada sudut lain dari crypto yang telah melihat banyak uang — dan banyak uang mengingat ukurannya — seperti proyek-proyek NFT selama setahun terakhir. Bahkan ketika apa yang disebut blue-chip seperti Bored Ape Yacht Club terus menghadapi badai, ada ribuan proyek yang lebih kecil di luar sana, banyak di antaranya telah lama menjanjikan perkembangan seperti game dan metaverse yang belum terwujud. 

Nicholas “Kix” Kneuper, CEO dan salah satu pendiri game NFT Crypto Raiders , mengatakan kepada Motherboard bahwa “ruang NFT [telah] mendahului dirinya sendiri dalam hal penilaian untuk jumlah utilitas yang mereka berikan dan seberapa awal kita.”

“Bukan hal yang aneh bagi sebuah proyek baru untuk mencapai valuasi [melebihi] $100 juta hanya setelah beberapa bulan bekerja. Saya berharap banyak penilaian kembali turun ke bumi, ”kata Kneuper. 

“Tetapi pada saat yang sama saya pikir kita akan melihat inovasi luar biasa dari proyek-proyek baru yang akan terus menarik pikiran cerdas dan uang ke ruang NFT. Banyak orang suka membandingkan NFT bull run ini dengan gelembung dot com atau ICO. Apa yang tidak disebutkan orang adalah banyak perusahaan hebat diciptakan selama booming ini. Sementara banyak yang akan gagal, yang kuat akan bertahan dan berkembang, ”tambahnya. 

Kneuper, yang juga memperdagangkan NFT dan menyiarkannya secara langsung , mengatakan kepada Motherboard bahwa dia memiliki “paparan signifikan terhadap NFT, tetapi saya tidak khawatir karena saya telah memfokuskan taruhan saya pada proyek yang kuat.” Ini adalah sentimen yang umumnya dimiliki oleh investor NFT, yang sering disebut sebagai “investasi saya dengan jpeg yang bagus. Mereka pasti akan kembali.”

Tascha Che, ahli ekonomi makro yang kursus kilat berbasis tweet tentang ekonomi kripto menjadi viral tahun lalu, mengatakan kepada Motherboard bahwa dia berpikir "sebagian besar proyek game dan NFT" dan "platform blockchain baru yang belum mendapat banyak daya tarik sekarang dan tidak memiliki besar buffer modal[s]” harus mati selama pasar beruang crypto.

“Terlalu banyak proyek salin-tempel, terlalu banyak kebisingan di ruang-ruang ini, sulit untuk menonjol dan dibedakan... Banyak di antaranya adalah proyek cuaca cerah dengan tim dari berbagai tingkat komitmen. Pasar beruang adalah tes stres yang baik untuk menyingkirkan yang berkualitas lebih rendah, ”kata Che kepada Motherboard. 

Tapi dia menambahkan dia “optimis tentang pertumbuhan ekonomi web3 dan inovasi berbasis blockchain seperti biasa.”

“Tidak ada kata mundur untuk ini. Kucing keluar dari karung,” kata Che.

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>

TERKAIT:

Baca Juga:


Konten Unggulan