Terra (LUNA), TerraUSD (UST) Crash News: 99% Turun! Cek Harga Terbaru

Terra (LUNA), TerraUSD (UST) Crash News: 99% Turun! Cek Harga Terbaru
Daftar Isi Artikel
LUNA Crash

Renovasi Otak - Terra (LUNA), TerraUSD (UST) Crash News (12 Mei): Harga Terra (LUNA) telah anjlok menjadi hanya $0,5 dalam 24 jam terakhir. Crypto yang dulu populer telah kehilangan lebih dari 99 persen dari nilai harganya dalam 7 hari terakhir dan lebih dari 96 persen dalam 24 jam terakhir, menurut data CoinMarketCap. Mirip dengan LUNA, harga koin stabil Terra – TerraUSD(UST) – sekarang bernilai sekitar $0,6, turun lebih dari 33 persen dalam tujuh hari terakhir.

Jatuhnya harga Terra telah menjadi peringatan bagi investor kripto, dengan analis memperkirakan penurunan lebih lanjut dalam nilai LUNA dan UST.

“Bencana TerraUSD baru-baru ini hanya menambah kesengsaraan pasar saat ini,” kata WazirX Trade Desk dalam sebuah catatan.

“Pasar crypto dapat terus berdarah karena aksi jual berlanjut dan mengingat sentimen pasar saat ini,” tambahnya.

TerraUSD adalah stablecoin yang dipatok dolar. Harganya seharusnya setara dengan dolar AS. Namun, selama beberapa hari terakhir telah kehilangan pasaknya dua kali dan belum pulih.

Para ahli mengatakan bahwa runtuhnya Terra dapat menimbulkan sejumlah risiko bagi investor ritel dan institusi.

“Meskipun ini adalah mata uang kripto yang relatif kecil dan jejaknya relatif terkandung, itu masih memiliki beberapa implikasi besar bagi sektor ini, terutama jika itu menakuti pembuat undang-undang atau regulator yang sudah khawatir tentang keruntuhan stablecoin,” CoinDesk menunjukkan dalam buletinnya “State of Kripto”.

BACA JUGA | Bunuh Diri Karena Crypto: Crash Cryptocurrency itu Nyata!

Mengapa UST Jatuh dan Bukan USDT, BUSD?

Menariknya, stablecoin populer lainnya seperti Tether (USDT), USD Coin (USDC) dan Binance Dollar (BUSD) telah mempertahankan harga mereka di sekitar $1 di tengah kehancuran pasar crypto yang sedang berlangsung.

Para ahli percaya bahwa bencana UST telah mengekspos kerentanan koin stabil berbasis algoritmik.

Koin stabil seperti USDT, USDC, dan BUSD didukung oleh cadangan dolar aktual seperti yang diklaim oleh penerbit kripto ini. Ini berarti, bahkan untuk unit koin stabil ini, ada satu dolar AS yang cocok yang terkunci di rekening bank di suatu tempat.

Sebaliknya, koin stabil algoritmik didukung oleh kripto lain. Dalam kasus UST, itu adalah LUNA.

“…nilai keluarga stablecoin Terra dipertahankan melalui sistem insentif arbitrase, operasi pasar terbuka, dan tuas protokol dinamis yang menjaga stabilitas pasak yang kuat dan skalabilitas pasokannya tanpa kontrol terpusat atau desain pemain lama yang tidak efisien,” Luna Foundation Guard, entitas nirlaba yang terdaftar di Singapura untuk memastikan stabilitas UST, mengatakan di situsnya.

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>

TERKAIT:

TERKAIT:

Baca Juga:


Konten Unggulan