Mengapa Terra Luna Crash dengan Stablecoin UST-nya?

Mengapa Terra Luna Crash dengan Stablecoin UST-nya?
Daftar Isi Artikel
Terra LUNA Crash

Renovasi Otak - Kita semua pernah mendengar bahwa stablecoin hanya berharga bagi pengguna jika harganya tetap stabil. Stablecoin senilai $18 miliar dari ekosistem Terra, UST, dipatok dengan harga USD. Stabilitas dasar Terra terguncang karena stablecoin algoritmiknya tidak dapat mempertahankan pasak USD-nya; turun menjadi 30 sen.

LUNA adalah token staking asli TerraUSD (UST) dan penyerap volatilitas. LUNA telah kehilangan lebih dari setengah nilainya sejak reli menakjubkan yang membawanya dari di bawah $50 menjadi $120 dalam dua bulan. Sekarang diperdagangkan sekitar $4. Ini mewakili sekitar 85% dari jatuh bebas token Luna.

Serangan “Fear, Uncertainty, and Doubt” baru-baru ini pada TerraUSD (UST) telah menyebabkan tren menurun.

Bagaimana Ekosistem Terra Bekerja?

Stablecoin algoritmik Terra mengandalkan model seigniorage dua token. Artinya, Terra memegang cadangan jaminan dalam bentuk token LUNA karena UST dipatok ke dolar AS. 

Jadi, ketika UST melebihi $1, protokol Terra memberi insentif kepada pengguna untuk membakar token LUNA dan mencetak UST. Ketika UST turun di bawah $1, insentif protokol dibalik. Strategi ini memfasilitasi pemeliharaan stabilitas dan, yah, juga tidak kehilangan pasak terhadap dolar.

BACA JUGA | Bunuh Diri Karena Crypto

Pengguna selalu dapat menukar LUNA dengan UST seharga $1, terlepas dari harga pasar kedua token pada saat itu. Ini penting karena ini berarti bahwa jika permintaan UST meningkat dan harga naik lebih dari $1, pemegang LUNA dapat memperoleh keuntungan bebas risiko dengan menukarkan $1 LUNA dengan satu token UST.

Dari mana untungnya? Semakin banyak orang membeli UST, harga Luna akan naik. Ketika konsumen mulai menarik dana mereka dari ekosistem Terra, harga Luna akan turun, mengambil nilai dari mereka yang memiliki token Luna.

Bagaimana Luna Token Terjun & Mengapa UST Kehilangan Pasaknya?

Setelah UST jatuh di bawah 99 sen baru-baru ini, itu melenyapkan lebih banyak lagi ekosistem Terra yang jatuh ke 92 sen dan pada Senin malam turun menjadi 60 sen. Dan saat menulis sekitar sehari kemudian, itu turun menjadi 40 sen, yang kira-kira merupakan fluktuasi 70% dari pasak. Kekacauan ini memicu ketakutan akan potensi “bank run” di kalangan investor.

Mari kita urai sedikit demi sedikit.

Setelah UST kehilangan patok dolarnya dua kali dalam tiga hari, stablecoin Terra, stablecoin algoritmik terbesar di dunia, dan sistem keuangan yang dibangun di sekitarnya menjadi tertekan.

Semuanya dimulai dengan penjualan besar $150 juta di UST di Curve Finance dan $84 juta di UST di Binance sebelum pasak menjadi merusak.

Curve Finance adalah Automated Market Maker (AMM) terdesentralisasi yang memungkinkan pedagang untuk melakukan perdagangan menggunakan kumpulan uang daripada mencoba menghubungkan pembeli dan penjual untuk menukar token dengan biaya tertentu. Kolam likuiditas kurva secara efektif habis dalam kasus ini.

Ini memicu banyak kekhawatiran di Twitter, dan Anchor Protocol melihat sekitar $ 2 miliar dalam penarikan UST. Jangkar dianalogikan dengan bank yang membayar pemegang UST 20% hasil persentase tahunan (APY) jika mereka menyimpan token mereka di platform. Anchor menyediakan TerraUSD (UST) dengan utilitasnya.

Penarikan Anchor adalah berita buruk karena menunjukkan banyak UST meninggalkan protokol Anchor, yang akan merugikan harga Luna. The "de-peg" menjadi jauh lebih buruk. Pasak langsung ke $0,995 setelah Do Kwon men- tweet. Di Binance dan Chainlink (Oracle), pasak UST hampir stabil, sementara harga Luna berada di $64.

Whales besar-besaran mulai menjual UST pendek. Celana pendek tampaknya terkoordinasi, menghasilkan kaskade likuidasi, dan UST dipatok ke 88 sen. Karena banyak proyek penting bergantung pada harga UST, bulls seperti Kwon berusaha menopang pasar.

Ini berkembang menjadi pertempuran antara beruang dan sapi jantan, dengan konsekuensi yang jelas di pasar. Sekitar 40% dari likuiditas Anchor Protocol, atau hampir $8 miliar, telah terhapus pada tulisan ini. Jangkar dan Luna memiliki bulan pertumbuhan dihapus hanya dalam dua hari.

Poin penting untuk diingat adalah, tidak seperti USDC, UST tidak didukung oleh cadangan fiat nyata. Luna crash ketika UST dicetak. Jadi, Anda memiliki kekuatan penebusan yang besar. Jika ada permintaan tak terbendung untuk UST dan Anda adalah pemegang token Luna terakhir di planet ini, pemegang harus menginginkan Luna memberikan berlian.

Alasan kebangkitan Luna baru-baru ini adalah pencetakan UST, yang berarti lebih banyak orang yang menyetor ke Anchor. Alhasil, Luna semakin banyak yang dibakar, sehingga menurunkan suplai Luna yang beredar. Namun kini yang terjadi sebaliknya.

Saat UST dicabut dari peredaran, seperti di Anchor, suplai Luna bertambah, seperti yang terjadi beberapa hari terakhir. Dan itu adalah salah satu faktor yang menyebabkan kehancuran Luna yang besar.

Terra membeli 37.863 Bitcoin senilai $1,5 miliar baru-baru ini sebagai standar moneter, yang merupakan salah satu penyebab utama kebangkitan Luna. Mengapa mereka berinvestasi di Bitcoin? Itu khusus untuk kasus seperti ini. Mereka menginginkan “mata uang cadangan” yang dapat mereka gunakan untuk mengembalikan pasak ke UST jika terjadi keadaan darurat “de-peg”. Namun, harga Bitcoin tidak mendukung token.

Luna Foundation Guard, yang didirikan oleh penemu Terra Do Kwon, mengatakan bahwa mereka akan meminjamkan $750 juta dalam bentuk bitcoin kepada perusahaan perdagangan untuk menjaga harga UST, serta 750 juta UST lainnya untuk membeli lebih banyak bitcoin “ketika kondisi pasar normalkan.”

Apa artinya ini tentang Bitcoin? Investor khawatir bahwa penyokong bitcoin UST akan menyebabkan cryptocurrency menderita kerugian tambahan.

Jadi, taruhan bernilai miliaran dolar bahwa bitcoin dapat bertindak sebagai “mata uang cadangan” untuk ekonomi cryptocurrency sedang diuji saat ini karena UST berjuang untuk mempertahankan pasak $1-nya.

*cryptotimes

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>

TERKAIT:

TERKAIT:

Baca Juga:


Konten Unggulan