Apa itu Web3 Game? Ini Fitur dan Teknologi yang Dimilikinya

Apa itu Web3 Game? Ini Fitur dan Teknologi yang Dimilikinya
Daftar Isi Artikel
web3 gane

Renovasi Otak - Web3 telah merevolusi berbagai industri, termasuk game. Dengan perubahan besar dari platform game tradisional, game berbasis Web3 menyediakan cara inovatif untuk terlibat dalam game dengan cara yang terdesentralisasi; orang dapat bermain-untuk-menghasilkan melalui cryptocurrency dan NFT. Ini mendemokratisasi semua aspek permainan dan menempatkan kekuatan utama di tangan pemain alih-alih membatasinya pada satu otoritas pusat dalam permainan.

Meskipun dalam game tradisional, konten dalam game atau aset digital dapat dibeli dengan mata uang fiat atau dapat juga diklaim sebagai hadiah, operator game tetap akan memiliki hak cipta atas konten dalam game tersebut. Dengan kata sederhana, pemain tidak memiliki aset digital dalam game; sebaliknya, dalam permainan tradisional, kepemilikan pemain hanyalah semacam lisensi untuk terlibat dengan aspek permainan.

Selanjutnya, berbicara tentang server game terpusat, semua informasi terkait game disimpan di server dan sepenuhnya dikendalikan dan dioperasikan oleh administrator game. Pengembang game tidak memiliki sumber daya atau pengetahuan yang memadai untuk memantau dan memfasilitasi perdagangan di mana para pemain ingin menukar aset digital mereka untuk mendapatkan keuntungan.

Karena ketidakefisienan server terpusat dan permainan tradisional, pasar abu-abu telah berhasil muncul untuk menyediakan ruang bagi peretas dan penipu. Mereka mengeksploitasi para pemain dan tidak memberikan manfaat bagi pengembang dan administrator. Administrator gagal melindungi platform game dan pemainnya dari shutdown dan serangan cyber. Karena server terpusat dan ketidakefisienannya untuk melindungi dari peretasan, aset digital juga berisiko tinggi kehilangan, penipuan, dan pencurian.

Untuk mengatasi semua masalah ini, game Web3 telah membuka jalannya dengan teknik inovatif seperti DAO game dengan ekosistem game terdesentralisasi, kepemilikan aset game berbasis blockchain, play-to-earn, dompet game aman kripto, game Metaverse, dll.

Artikel ini akan mengungkap aspek game Web3 dan fitur dinamisnya.

Apa itu Game Web3?

Game Web3 adalah proses game terdesentralisasi di mana aktivitas ekosistem game atau platform game, khususnya kepemilikan aset game dan pengambilan keputusan di semua aspek game, didelegasikan dari otoritas pusat mana pun.

Game Web3 dibangun dengan mengintegrasikan blockchain ke dalam ekosistem game, dan memungkinkan gamer untuk mengekspresikan pendapat mereka tentang kapan dan bagaimana game tersebut harus berkembang. Game Web3 juga meletakkan dasar play-to-earn bagi para pemain, dan itu mengubah aspek bayar-untuk-main bagi mereka dengan menawarkan perdagangan aset, token game yang dapat diperdagangkan, dan kesempatan untuk menghasilkan uang dalam kripto saat bermain.

Game Web3 menyediakan pasar virtual yang adil untuk industri game, di mana pemain dapat mengakses dan memiliki kepemilikan penuh atas aset digital dalam game. Aset ini disimpan dalam bentuk NFT game dan bersifat khas.

Game Web3 juga menyediakan cakupan interoperabilitas yang luas antara berbagai ekosistem game dengan menghubungkan aset dalam game dan pemain di seluruh platform. Faktor interoperabilitas tergantung pada jenis platform blockchain yang dipilih untuk mengembangkan ekosistem game. Polkadot atau Solana misalnya memiliki fitur interoperabilitas berupa jembatan komunikasi lintas rantai.

Sekarang setelah kita mengenal game Web3, mari kita bahas berbagai fitur game Web3 di bagian selanjutnya.

Apa Saja Fitur Utama Game Web3?

Game web adalah model permainan pertukaran nilai di mana orang dapat memiliki dan memperdagangkan objek dan koleksi dalam game dalam bentuk NFT unik menggunakan cryptocurrency. Ini menawarkan kedaulatan diri dan desentralisasi dalam permainan dan bersifat open-source. Ada beberapa fitur dasar dari platform game Web3 yaitu sebagai berikut:

1. Kepemilikan dan Interoperabilitas

Game Web3 memberikan kedaulatan diri di mana para pemain dapat sepenuhnya memiliki aset dan koleksi dalam game dalam bentuk NFT digital. Dalam game tradisional, pemain memiliki aset dan koleksi dalam game, tetapi begitu mereka memutuskan untuk mengubah platform game, mereka kehilangan semua aset mereka. Game Web3 memecahkan masalah ini dengan memberikan kepemilikan dan interoperabilitas sejati antara berbagai platform, di mana para pemain dapat memiliki aset dalam game pada satu platform dan dapat membawanya ke platform game berikutnya.

2. Integrasi Game Lama

Game Web3 memiliki fitur menarik lainnya untuk mengintegrasikan dan meningkatkan model game lama ke platform metaverse dan blockchain, menjadikannya terdesentralisasi secara alami. Proses permainan bersifat pribadi, dan setiap pemain memiliki permainan pilihannya sendiri. Oleh karena itu, Web3 menawarkan untuk meningkatkan game lama dan populer dengan memperluasnya ke metaverse, di mana pemain dapat membuat avatar mereka dan memperdagangkan aset dan koleksi dalam game favorit mereka.

3. Game yang Digerakkan oleh Pemain

Game Web3 menyesuaikan ekosistem game berdasarkan keinginan pemain. Ada berbagai cara di mana game Web3 menguntungkan pemain. Salah satunya adalah aspek play-to-earn, di mana mereka mendapatkan keuntungan melalui item dalam game mereka; satu lagi adalah integrasi game lama yang memenuhi keinginan pemain untuk memainkan game favorit mereka di metaverse. Aspek lain dari permainan yang digerakkan oleh pemain adalah bahwa permainan Web3 mendukung kedaulatan diri, yang sekali lagi untuk keuntungan pemain.

4. Waktu Henti yang Dapat Diabaikan

Ekosistem game Web3 berjalan secara mandiri dengan biaya perawatan minimal dan tanpa intervensi dari otoritas mana pun. Dengan pencetakan blok dan fasilitas penyimpanan data game yang tinggi, game Web3 memiliki waktu henti yang dapat diabaikan dan sifatnya sangat skalabel.

5. Game Transparan

Game Web3 adalah proses terdistribusi di mana game di-host di blockchain, membuatnya tidak dapat diretas. Tanpa satu titik kegagalan, permainan berbasis blockchain bergantung pada konsensus pemungutan suara untuk modifikasi proses permainan dan dapat diakses secara merata oleh semua pemain yang terlibat di jaringan. Dengan cara ini, game Web3 memastikan tingkat transparansi yang tinggi.

Sekarang setelah kita memahami fitur game Web3, mari kita lihat tumpukan teknologinya di bagian selanjutnya.

Apa Teknologi yang Terdapat pada Game Web3?

game web3

Berikut ini adalah komponen dari kumpulan teknologi game Web3:

1. Pustaka/dApps Web3

Pustaka Web3 membantu pengembang dan pemain game berinteraksi dengan platform blockchain. Pustaka dan dApps ini mendukung transaksi dan aset dalam game, dan juga membantu berinteraksi dengan kontrak pintar. DApps game Web3 dibuat menggunakan Web3.js, ether.js, web3.py, dll.

2. Smart Contract

Berbagai proses permainan dipantau dan diatur oleh kontrak pintar. Pemungutan suara dan pengambilan keputusan untuk perubahan yang akan dibuat untuk evolusi game juga dikelola oleh kontrak pintar, yang dapat disesuaikan sesuai kebutuhan pemain. Sebagian besar pengembang menggunakan Remix IDE untuk menulis, mengkompilasi, dan menyebarkan kontrak pintar. Namun, ada alat seperti Truffle, Hardhat, dan Brownie yang mudah digunakan saat ekosistem pengembangan lokal diperlukan.

3. Penyedia Node/Web3

Penyedia Node atau Web3 penting karena mereka mengekstrak informasi game yang disimpan di jaringan blockchain. Node memainkan peran integral dalam tumpukan pengembang Web3, karena tanpa node, pustaka Web3 tidak mampu berinteraksi dengan kontrak pintar.

4. Dompet Digital

Setiap platform game Web3 memiliki dompet digital berbasis blockchain. Alamat dompet unik adalah identifikasi pemain. Ini memegang berbagai koleksi game dan aset dalam game di dalamnya.

5. Perangkat Keras XR

Perangkat keras XR mencakup kacamata pintar, sarung tangan haptic, sensor pemindaian, dll., untuk menghubungkan ekosistem game dengan metaverse untuk pengalaman bermain Web3 yang imersif dan menarik.

6. Buka Standar Media yang Dapat Dioperasikan

Standar ini berisi teks, audio, adegan 3D, dan vektor untuk mendukung aplikasi 3D yang terdesentralisasi.

Sekarang mari kita buka aspek lain dari game Web3 seperti game DAO dan game metaverse.

Apa itu DAO Game?

Gaming DAO adalah Organisasi Otonomi Terdesentralisasi Gaming yang berfungsi sebagai platform game berdasarkan kode sumber terbuka. Mereka tidak berafiliasi dengan administrator atau operator game mana pun. DAO game pada intinya adalah komunitarian dan fokus untuk menciptakan ekosistem game yang digerakkan oleh pemain.

DAO game memiliki kekuatan untuk mendistribusikan kembali kepemilikan game di seluruh komunitas dari berbagai ekosistem game. Redistribusi ini terjadi antara pemain, pengembang game, investor dan pedagang.

Gaming DAO memperkuat play-to-earn di game Web3. Ini adalah konsep game revolusioner yang memberikan kompensasi kepada pemain atas partisipasi dan kesuksesan game mereka dalam game. Model permainan tradisional tidak memiliki manfaat yang sama. Mereka memberikan pertukaran nilai satu sisi kepada administrator atau operator game.

Namun, di DAO Gaming, fitur play-to-earn memberi penghargaan kepada pemain dan pengembang game. Play-to-earn memperkuat ekonomi game, di mana para pemain dihargai atas keterampilan bermain game mereka.

Sekarang mari kita lihat beberapa DAO Gaming mendasar di bagian selanjutnya.

Apa Saja Jenis DAO Gaming?

DAO game dapat dibedakan menjadi tiga tipe dasar:

1. Serikat Permainan

Serikat permainan merupakan kelompok informal para pemain, klan multi-permainan yang sangat terorganisir, dan tim e-sport yang terlibat dalam permainan untuk mendapatkan penghasilan di atas dasar komunitarian yang sama. Serikat permainan ini dibiayai karena berfungsi dengan cara yang mirip dengan klub investasi. Dana guild game dibagikan oleh para peserta untuk membeli dan memperoleh aset digital dalam game.

Para pemain di guild game kemudian bermain game dengan aset dalam game ini yang diperoleh dalam bentuk NFT unik, menghasilkan token dalam game secara kolektif dan dengan membagi pendapatan di antara semua pemain. Serikat game telah berdampak besar pada pasar game Web3 karena mereka memiliki sejumlah besar akumulasi aset dalam game. Mereka juga merupakan basis yang berkembang dari para gamer baru, spekulan game, dan pedagang NFT game.

2. Inkubator dan Akselerator

Jenis lain dari game DAO melibatkan kelas inkubator dan akselerator yang terus berkembang. Mereka terutama berfokus pada pengembangan platform game web3 dengan memberikan pengetahuan ahli mereka kepada para pendiri. Inkubator dan akselerator ahli ini menjanjikan pendanaan untuk mengembangkan usaha game baru. Mereka juga menyediakan alat canggih dan solusi teknis untuk mengembangkan dan meningkatkan game web3.

Inkubator dan akselerator memainkan peran integral dalam pertumbuhan game web3 dengan memberikan hibah game dan mengambil inisiatif strategis untuk mendukung klan dan pengembang game. Jenis DAO ini menyatukan semua pemangku kepentingan game dan investor untuk memperluas game web3 secara finansial.

3. Pengembang

Tipe fundamental lain dari DAO game adalah developer game. DAO ini menjelajah ke pengembangan game web3 yang berbeda pada platform yang sama. DAO ini menentukan syarat dan ketentuan tentang bagaimana game akan dikembangkan ke depan. Syarat dan ketentuan ini dipantau oleh kontrak pintar. DAO game pengembang menjalankannya secara mandiri menggunakan kontrak pintar.

Kontrak pintar DAO game secara khusus memerlukan moderasi konten game, kebijakan koleksi dalam game, pemungutan suara dalam game, dan lelang.

Sekarang setelah kita memahami inti dari game Web3 dan DAO, mari kita lihat beberapa potensi layanan pengembangan game Web3 yang disediakan LeewayHertz.

Apa saja layanan pengembangan Web3 Gaming yang disediakan oleh LeewayHertz?

4. Smart Contract

DAO mengembangkan kontrak cerdas yang mengatur persyaratan dan kode untuk berfungsinya metaverse game dan DAO Anda. Kontrak pintar ini tidak dapat diubah oleh siapa pun. Oleh karena itu, ini mengamankan platform game web3 dan membuatnya berfungsi sesuai dengan aturan keputusan dalam kasus komunitas DAO.

5. Platform Game Terdesentralisasi

Bergantung pada persyaratan proyek game Anda, Web3 merancang dan membangun platform game berbasis blockchain. Dengan membangun platform game open-source dengan front end dan backend, juga menyediakan desain UI/UX yang terdesentralisasi dan otonom untuk ekosistem game web3.

6. dApps game

Web3 mengembangkan dApps yang ramah pengguna untuk menyediakan antarmuka yang imersif terkait dengan metaverse game. Dengan mengintegrasikan blockchain dalam platform metaverse game, DAO mengubahnya menjadi platform game yang sepenuhnya otonom dan aman untuk kedaulatan pengguna.

7. Pasar Game NFT

Pakar NFT game DAO membantu Anda merancang, berinovasi, dan meluncurkan pasar NFT game. Dari membuat peta jalan hingga analisis desain tumpukan penuh, DAO mengembangkan pasar yang dapat dioperasikan.

8. Ruang permainan 3D

DAO menyediakan metaverse game 3D yang kuat dan sangat skalabel bagi pemain untuk memiliki pengalaman mendalam dalam model game 3D.

Game Web3 telah mengubah seluruh lanskap game dengan mengintegrasikan teknologi metaverse dan blockchain ke dalam industri game. Ini mendemokratisasikan sektor game dengan menghilangkan administrator game pusat dan pemilik platform game.

Dengan teknologi revolusioner seperti blockchain, DAO, dan metaverse, game web3 juga memperkuat aspek keuangan dari sektor game. Ini membantu para pemain game terlibat dalam aktivitas yang menguntungkan seperti perdagangan aset digital dalam game dan bermain untuk mendapatkan dalam bentuk NFT. Oleh karena itu, game Web3 merupakan langkah positif menuju industri game digital yang berubah.

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>

TERKAIT:

TERKAIT:

Baca Juga:


Konten Unggulan