15 Daftar Custom ROM Terbaik Android 2021 [DOWNLOAD]

15 Daftar Custom ROM Terbaik Android 2021 [DOWNLOAD]
Daftar Isi Artikel
custom rom terbaik

Renovasi Otak - Komunitas pengembang Android sangat besar, dengan prestasi terbesar mereka adalah kemampuan untuk mengembangkan custom ROM atau build Android kustom. custom ROM adalah produksi firmware aftermarket berdasarkan kode sumber Android yang disediakan oleh Google. Jadi, jika Anda adalah seseorang yang ingin menginstal custom ROM di perangkat Anda tetapi bingung harus memilih yang mana, baca terus karena saya bagikan 15 custom ROM terbaik untuk Android pada tahun 2021.

15 Custom ROM Terbaik Untuk Android

Alasan utama mengapa orang lebih memilih ROM khusus adalah karena hampir setiap perusahaan menghentikan dukungan untuk perangkat mereka setelah 2-3 tahun peluncurannya. ROM khusus, di sisi lain, membantu menjaga perangkat Anda tetap hidup dan diperbarui dengan versi Android terbaru. Alasan lain mengapa orang mencari ROM khusus adalah karena fitur tambahan yang mereka tawarkan. Mereka juga mengurangi bloatware yang datang sebagai bagian dari banyak kulit pabrikan. Meskipun ada banyak custom ROM di luar sana, tidak semuanya cukup stabil untuk digunakan sebagai driver harian Anda.

Memasang ROM khusus mengharuskan Anda untuk membuka kunci bootloader terlebih dahulu, dan memiliki pemulihan khusus seperti TWRP (situs web) yang diinstal. Pastikan untuk selalu membuat cadangan perangkat Android Anda sebelum melanjutkan. Sementara tautan unduhan untuk perangkat yang didukung secara resmi disebutkan di bawah, beberapa ROM ini mungkin memiliki port tidak resmi yang tersedia untuk perangkat lain juga.

Juga, pada beberapa ROM, Anda mungkin harus mem-flash paket GApps seperti OpenGapps (situs web) atau NikGApps (situs web). Saya pribadi telah menguji hampir semua ROM yang tercantum di bawah ini pada Redmi K20 Pro, Poco F1, Mi A1 saya. Juga, jika Anda menyukai ROM khusus, pertimbangkan untuk menyumbangkan pengembang di belakang pekerjaan.

1. Pixel Experience

Pixel Experience adalah custom ROM terbaik untuk Android saat ini dan saya dapat menjelaskan tiga alasan untuk itu. Pertama, ini mendukung sejumlah besar perangkat dari Xiaomi hingga Realme hingga Asus hingga Samsung . Kedua, ia menghadirkan fitur Pixel untuk perangkat non-piksel seperti Asisten Google yang lebih baru, dukungan GCam bawaan, wallpaper hidup Pixel, dan banyak lagi.

Ketiga, ia memiliki stabilitas luar biasa di antara semua ROM yang telah saya uji selama bertahun-tahun. Pengembang utama, Henrique Pereira, tidak terburu-buru untuk mem-porting versi Android baru ke semua perangkat.


Custom ROM Terbaik

Sebagai gantinya, pengembang memilih perangkat yang populer dan berpusat pada pengembang dan membuat basis. Setelah itu, ia memublikasikan semua perubahan ke GitHub untuk dikerjakan oleh pengelola lain. Belum lagi, Pixel Experience memiliki pengelola di seluruh dunia yang bekerja sepanjang waktu untuk mengatasi bug secara tepat waktu.

Jadi, jika Anda menginginkan stabilitas dan fitur baru langsung dari perangkat Pixel, maka Pixel Experience adalah custom ROM terbaik di Android, tidak ada bar. Perlu diingat, Anda tidak akan langsung mendapatkan versi Android terbaru, tetapi Anda pasti akan memiliki pengalaman yang stabil dan bebas repot.

Download

2. LineageOS

Berikutnya adalah nama terbesar di kancah custom ROM – LineageOS. Meskipun banyak dari Anda mungkin tidak akrab dengan namanya, LineageOS sebenarnya adalah ROM khusus yang sama yang dimulai dengan CyanogenMod . Kembali pada musim gugur 2016, Cyanogen Inc. mengumumkan bahwa mereka menghentikan pengembangan dan menutup infrastruktur di belakang proyek tersebut. Sejak itu, komunitas pengembang telah membuat proyek tetap hidup, tetapi dengan nama LineageOS.

Custom ROM Android

Dibangun di atas kode AOSP Google dan menambahkan kode kustom mereka sendiri ke dalamnya, LineageOS berfungsi sebagai ROM mandiri serta kode sumber untuk banyak custom ROM lainnya di luar sana. Ini memiliki tim pengembang terbesar di bawah namanya dan secara resmi mendukung lebih dari 190 perangkat . ROM mencakup fitur dasar tetapi berguna yang mencakup tetapi tidak terbatas pada menyesuaikan bilah status, mengubah tema keseluruhan, mengedit bilah navigasi, dan banyak lagi.

Sementara AOSP Google adalah barebone, LineageOS memberikan rasa penyesuaian sambil menjaga stabilitas. Selain itu, jika Anda menginginkan privasi dan keamanan terbaik pada ROM khusus, saya akan sangat merekomendasikan LineageOS. Belum lagi, tim pengembangan telah bekerja sangat cepat untuk menghadirkan Android 11 kali ini dan tersedia untuk beberapa perangkat.

Download

3. Evolution X

Jika saya menggambarkan Evolution X, saya akan mengatakan itu adalah versi stabil dari Resurrection Remix dari tadi . Ini karena banyaknya fitur penyesuaian yang ditawarkannya, dan ia melakukannya tanpa kehilangan stabilitas ROM. Evolution X menggabungkan berbagai potongan kode menjadi satu proyek utama untuk menghadirkan daftar panjang fitur dan untuk banyak perangkat . Meskipun ini berarti bahwa pembaruan datang sedikit lebih lambat, mereka masih dapat memberikan pembaruan rutin.

Custom ROM Terbaik

Selain itu, Evolution X memiliki bilah penyesuaian sendiri dari mana Anda dapat membuat perubahan tingkat sistem apa pun. Itu juga dilengkapi dengan sistem navigasi gerakan Android di luar kotak. Akhir-akhir ini, tim pengembangan di belakang Evolution X memutuskan untuk menghapus fitur tertentu dari ROM karena fitur tersebut tidak begitu berguna dan memperlambat sistem. Hasilnya, versi terbaru lebih stabil dari sebelumnya dan lebih mudah menggunakan sumber daya sistem.

Download

4. Corvus OS

Jika Anda mencari custom ROM Android terbaik untuk PUBG atau umumnya, bermain game, maka Corvus OS adalah yang Anda butuhkan. Itu dibangun di atas fondasi Dirty Unicorns dan memiliki banyak fitur porting langsung dari sana. Di antara fitur-fitur utamanya, ia mendukung berbagai kernel game-centric seperti kernel Hydra, kernel Ryzen, dan banyak lagi. Anda akan dapat bermain game untuk waktu yang lebih lama tanpa perangkat Anda menjadi panas melebihi batas normal.

Custom ROM Android

Selain itu, di bagian kustomisasi juga, Corvus OS dikemas dengan fitur. Anda memiliki pemilih aksen sistem, opsi penyesuaian font, penjadwalan tema, pemberitahuan tambahan, dan fitur layar kunci, dan banyak lagi. Singkatnya, Corvus OS bukan hanya ROM game yang hebat, tetapi juga ROM yang penuh fitur secara keseluruhan.

Download

5. Revenge OS

Revenge OS adalah custom ROM yang cukup baru di dunia Android tetapi telah mendapat daya tarik yang cukup baik karena telah membawa Android 11 build untuk banyak perangkat. OS dibangun di atas Android Open Source Project dan hanya menyimpan inti penting untuk menjaga sistem tetap ringan dan bebas dari kekacauan. Tetapi satu hal yang menempatkannya pada posisi yang berbeda adalah tampilannya dan pendekatan desainnya.

Custom ROM Terbaik

Anda dapat membuat tampilan panel pengaturan cepat Anda dengan berbagai gradien warna, berapa banyak ubin yang Anda butuhkan, jenis kontrol media yang Anda inginkan, dan banyak lagi. Faktanya, itu telah membawa wajah jam khusus yang ditinggalkan yang dipamerkan Google di Android 11 beta. Saya akan mengatakan, jika Anda menginginkan custom ROM Android 11 maka RevengeOS adalah OS modern dan cantik di luar sana dan Anda harus mencobanya.

Download

6. Havoc-OS

Untuk mendefinisikan Havoc-OS akan membutuhkan lebih dari beberapa kata. Dalam menjalankan pertama ROM ini, Anda akan merasa mirip dengan custom ROM lainnya di luar sana. Gunakan selama beberapa hari, dan Anda benar-benar mulai merasakan keindahan sejati Havoc-OS. Salah satu ROM pertama yang berhasil mengimplementasikan banyak fitur. Ini pasti akan mengingatkan Anda tentang Resurrection Remix dan Paranoid Android dari masa lalu.

Custom ROM Terbaik

Fungsi tambahan Havoc-OS mencakup banyak mod untuk bilah Status, tombol, lampu, gerakan , dan berbagai konfigurasi lainnya. Meskipun kadang-kadang, ia tidak memiliki stabilitas, saya dapat mengatakan bahwa ia memiliki fitur kustomisasi maksimum. Jadi jika Anda menginginkan sesuatu seperti Resurrection Remix tetapi dengan versi Android terbaru maka Havoc-OS akan membawa Anda pulang.

Download

7. Arrow OS

Jika minimalis adalah apa yang Anda cari, maka Arrow OS adalah pilihan Anda. Mungkin custom ROM paling ringan dan paling fungsional di luar sana, proyek Arrow OS didasarkan pada kode AOSP sambil menambahkan tweak yang berguna ke dalamnya. Ini sangat mirip dengan Pixel Experience ROM tetapi membawa fitur tambahan ke daftar fitur barebone.

Fitur paling menonjol dari proyek Arrow OS adalah penyertaan sistem navigasi gerakan Android 10, Terbaru di menu ikhtisar, dan opsi untuk memilih warna aksen sistem. Jendela ikhtisar menampilkan aplikasi yang paling sering digunakan dan beberapa aplikasi lain yang mungkin Anda gunakan seperti perangkat Pixel.

Custom ROM Android

Panel yang dapat disesuaikan memiliki penggantian gerakan dan itu adalah bilah navigasi 3 tombol dan sangat berguna bagi pengguna yang menginginkan sistem navigasi lama kembali. Fitur Arrow OS lainnya termasuk dialer khusus, ubin Pengaturan Cepat khusus, pintasan layar kunci , Penjaga Privasi dari LineageOS, dan banyak lagi. Proyek Arrow OS menawarkan fitur sederhana dan minimalis yang menghasilkan antarmuka yang bersih dan rapi, yang selanjutnya dapat disesuaikan jika pengguna menginginkannya.

Download

8. Bliss ROM

Bliss ROM adalah custom ROM baru di ekosistem Android tetapi memiliki potensi besar. Ini tidak hanya mengembangkan ROM untuk smartphone, tetapi juga untuk tablet dan perangkat Windows seperti Surface Pro. Dan pengalaman keseluruhannya cukup bagus karena dilengkapi dengan peluncur dan mode desktop yang disesuaikan .

Meskipun banyak pengguna mungkin tidak menyukai cara navigasi sistem yang baru ini, orang tidak dapat menyangkal fakta bahwa kita memerlukan berbagai jenis kulit untuk membentuk kembali batas desain antarmuka pengguna di ROM khusus.

Custom ROM Android

Selain termasuk penyesuaian tertentu pada kemampuan penyesuaian dan fungsionalitas, Bliss ROM sangat meningkatkan tampilan visual keseluruhan perangkat Anda. Ini memiliki panel pengaturan terpisah yang disebut Blissify dari mana Anda dapat mengubah hampir semuanya. Mulai dari tema hingga animasi dan antarmuka layar kunci. Saya akan mengatakan jika Anda ingin mencoba sesuatu yang berbeda, cobalah Bliss ROM.

Download

9. Project Sakura

Kita semua tahu bagaimana HP Samsung kelas menengah tertinggal dalam hal menikmati OS Android terbaru. Dan bahkan di dunia custom ROM, beberapa tahun yang lalu, HP Samsung tidak didukung karena chip Exynos. Namun, banyak hal telah berubah dan sekarang Project Sakura bertujuan untuk menghadirkan Android terbaru ke banyak smartphone Samsung. Anda memiliki antarmuka pengguna seperti stock yang bersih dan minimal dengan dukungan untuk build Android 10 dan 11.

Custom ROM Terbaik

Dari Galaxy A10 hingga M40, Anda telah tercakup di hampir semua perangkat Samsung yang populer. Dan dengan pembaruan Versi 4.R, Project Sakura telah membawa banyak penyempurnaan visual seperti tema, animasi penguncian layar , font baru, modul Magisk untuk modifikasi visual, dan banyak lagi. Saya pikir jika Anda memiliki smartphone Samsung, Project Sakura bisa menjadi tempat yang bagus untuk memulai.

Download

10. MSM Extended

ROM lain yang didasarkan pada AOSP Gerrit tetapi memiliki mod kustomnya sendiri adalah MSM Extended. Proyek ini muncul sekitar waktu peluncuran Android Pie. Namun, meskipun merupakan proyek yang relatif baru, ROM dengan cepat berkembang menjadi ROM yang sangat stabil dan andal dan memberikan banyak pesaing lain kesempatan untuk mendapatkan uang mereka.

Custom ROM Terbaik

ROM ini sangat mirip dengan OxygenOS dan membawa banyak opsi penyesuaian hingga Anda mungkin merasa kewalahan. ROM baru-baru ini memperbarui kode sumbernya untuk Android 10 terbaru dan sekarang mereka mulai menggali build Android 11 juga. Secara pribadi, saya merasa MSM Extended memiliki terlalu banyak fitur, tetapi jika Anda menyukai ROM penuh fitur maka Anda pasti dapat mencobanya.

Download

11. crDroid

Bayangkan berada di ROM stock perangkat Anda, tetapi dengan sedikit penyesuaian di sana-sini yang memungkinkan Anda menyesuaikan perangkat tanpa kehilangan stabilitas stock . Nah, itu crDroid untuk Anda. crDroid telah ada selama beberapa waktu dan telah mendapatkan popularitas besar di kalangan penggemar Android.

Mirip dengan AOSP Extended, crDroid memiliki tim pengembangan yang aktif dan mendukung beberapa perangkat lama seperti Redmi Note 5 Pro, Poco F1, dan banyak lagi.

Custom ROM Android

Ini menawarkan pengalaman AOSP yang sama yang eksklusif untuk jajaran Google, bersama dengan fitur yang benar-benar teruji. Karena crDroid didasarkan pada LineageOS pada dasarnya, kinerja dan masa pakai baterai sangat fenomenal.

Dalam pengalaman saya dengan ROM ini, masa pakai baterai sama dengan ROM stock , tetapi saya dapat menyesuaikan beberapa hal di sana-sini. Untuk membuatnya lebih baik, pikirkan LineageOS, tetapi dengan fitur dan penyesuaian tambahan. Belum lagi, daftar besar dukungan perangkat– baik yang baru maupun yang lama.

Download

12. Android Paranoid

Setelah beberapa tahun istirahat, Paranoid Android kembali lagi. Jika Anda tidak tahu, Paranoid Android dianggap sebagai salah satu custom ROM paling terkenal sepanjang masa. 

Tim pengembangan berfokus untuk menghadirkan pengalaman yang dipoles dan disempurnakan sambil menggunakan sumber daya minimum. Meskipun mungkin tidak membanggakan kebanyakan fitur dan fitur penyesuaian yang ditawarkan ROM lain, Paranoid Android atau PA, memang menjanjikan pengalaman pengguna yang menenangkan secara keseluruhan.

Custom ROM Android

Ini menawarkan versinya sendiri dari menu pengaturan cepat, serta mode yang sepenuhnya imersif untuk Android . Paranoid Android telah lama dianggap sebagai proyek utama dari mana Google telah membawa banyak fitur, fitur terbesar adalah Mode Ambient, yang hadir di PA sebagai Peek.

Pada titik ini, Paranoid Android telah menambahkan dukungan untuk daftar panjang smartphone termasuk Xiaomi, OnePlus, Samsung dan beberapa perangkat Asus. Jadi jika Anda memiliki HP dari OEM ini, saya akan sangat merekomendasikan Paranoid Android ke ROM lain dalam daftar ini.

Download

13. Sistem Operasi Siberia

Untuk orang yang menyukai stock Android, tetapi menginginkan fitur tambahan di atas, Syberia OS adalah ROM khusus Android lain yang perlu dipertimbangkan. Dibangun di atas AOSP/CAF, Syberia OS menawarkan hampir semua yang Anda inginkan dari HP Android Anda.

Custom ROM Terbaik

Bahkan dengan semua fitur yang dimiliki Syberia OS, ini adalah ROM yang sangat stabil dan menawarkan kinerja yang mulus dan bebas lag. Anda juga mendapatkan fleksibilitas untuk menyesuaikan hampir semua yang ada di ROM. Syberia OS juga mendukung pembaruan OTA, jadi ketika versi baru dirilis untuk HP Anda, Anda akan menerima pembaruan dengan mulus.

Download

14. Potato Project

Potato Open Source Project dipersembahkan oleh tim pengembang India yang telah mengadopsi kentang klasik sebagai pilihan nama mereka. Bahkan versi ROM yang berbeda diberi judul 'kentang panggang', 'dumaloo', dll.

Custom ROM Android

ROM menawarkan UI yang bersih dan minimal, bersama dengan peningkatan fitur. Anda dapat mengharapkan penanganan takik yang lebih baik, sistem kontrol volume yang baru dan lebih baik, dan ya, tentu saja melalui pembaruan udara. ROM ini benar-benar open source, jadi jika Anda memiliki keterampilan untuk itu, Anda dapat garpu proyek dan membuat Anda sendiri kustom custom ROM dari itu.

Download

15. AOSIP

Jika Anda pernah mencoba-coba dunia custom ROM Android, Anda pasti tahu arti dari AOSP. Nah, AOSIP adalah Android Open Source Illusion Project — custom ROM yang hidup dengan moto Android 'Be Together, Not the Same'.

Custom ROM Terbaik

Dengan AOSIP, Anda mendapatkan ROM AOSP bersama dengan campuran fitur yang dipilih sendiri dari berbagai custom ROM lainnya di luar sana. Pengembang ROM AOSIP memprioritaskan stabilitas dan kualitas, sehingga Anda dapat yakin bahwa Anda tidak akan menghadapi bug besar apa pun dengan ROM ini. Selain itu, Anda mendapatkan banyak fitur, serta penyesuaian yang mendalam.

Download

Maksimalkan Perangkat Anda Dengan Custom ROM Terbaik untuk Android

ROM khusus menghadirkan pengalaman baru ke perangkat seluler Anda. Meskipun tidak ada ROM di luar sana yang akan sestabil ROM stock, memiliki ROM khusus memang memberi Anda kebebasan untuk mengorbankan beberapa poin stabilitas untuk mendapatkan banyak fitur.

Karena saya telah menguji custom ROM selama bertahun-tahun, saya tidak pernah tinggal di ROM selama lebih dari seminggu, jadi saya sudah mencoba hampir semua custom ROM yang ada di luar sana.

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>

Baca Juga:

Baca Juga:

Baca Juga:

Baca Juga:


Konten Unggulan