Pengertian Asuransi Jiwa, Jenis dan Manfaat Asuransi Jiwa Bagi Masyarakat

Pengertian Asuransi Jiwa, Jenis dan Manfaat Asuransi Jiwa Bagi Masyarakat
Daftar Isi Artikel

Renovasi Otak - Pengertian asuransi jiwa adalah bentuk layanan asuransi yang digunakan untuk perlindungan kepada dampak kerugian finansial dari masyarakat karena adanya kematian keluarga yang sebelumnya menjadi tulang punggung keluarga tersebut.

Mudahnya, asuransi jiwa merupakan jenis asuransi yang bertujuan untuk menanggung seseorang ataupun keluarga yang mengalami hal tak terduka karena orang yang bertanggung jawab untuk menafkahi telah meninggal dunia.

Sesuai dengan definisi asuransi jiwa, perusahaan asuransi membayar sejumlah uang pertanggungan kepada pemegang polis atau kepada calon yang ditunjuk jika pemegang polis meninggal dunia sebelum waktunya sebagai ganti pembayaran premi yang dilakukan terhadap polis asuransi jiwa.

Mengenal Jenis-Jenis Asuransi Jiwa

Melansir Lifepal.co.id, terdapat beberapa jenis asuransi jiwa yang dapat Anda beli sesuai kebutuhan, diantaranya yaitu:

1. Asuransi Jiwa Berjangka

Rencana asuransi jiwa berjangka adalah bentuk paling murni dari jenis asuransi jiwa karena mereka menawarkan perlindungan jiwa tanpa elemen tabungan atau keuntungan. Paket asuransi jiwa berjangka adalah jenis polis asuransi jiwa yang paling terjangkau karena preminya relatif lebih murah dibandingkan dengan paket asuransi jiwa lainnya.

2. Program Asuransi Unit Link

Salah satu jenis asuransi jiwa yang paling unik, paket asuransi unit-link, adalah campuran menyeluruh antara investasi dan asuransi. Sesuai definisi asuransi jiwa, premi yang dibayarkan untuk unit link sebagian digunakan sebagai pertanggungan risiko (asuransi) dan sebagian diinvestasikan dalam dana yang berbeda.

Tergantung pada toleransi risiko pemegang polis, mereka dapat berinvestasi dalam berbagai dana yang ditawarkan oleh penyedia asuransi. Kemudian penyedia asuransi menginvestasikan jumlah yang terkumpul ke dalam instrumen pasar uang yang berbeda seperti saham dan ekuitas.

3. Asuransi Jiwa Seumur Hidup

Seluruh rencana asuransi jiwa adalah salah satu jenis asuransi jiwa yang mencakup kehidupan yang diasuransikan untuk seumur hidup, atau dalam beberapa kasus, hingga usia 100 tahun.

Pada saat membeli polis asuransi jiwa seumur hidup, uang pertanggungan akan ditentukan. Selama pembelian, seorang calon disebutkan. Jika terjadi peristiwa yang tidak menguntungkan, sesuai dengan definisi asuransi jiwa secara keseluruhan, mereka dibayar dengan klaim kematian dan bonus apa pun, jika berlaku.

Namun demikian, jika tertanggung hidup lebih dari 100 tahun, penyedia asuransi memberikan tertanggung dengan manfaat jatuh tempo yang sama dengan corpus endowment.

Manfaat Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa memberikan sejumlah keuntungan yang cukup bermanfaat. Diantaranya yaitu:

1. Bebas Pajak

Jika Anda memiliki polis asuransi jiwa dan meninggal saat pertanggungan Anda berlaku, penerima manfaat Anda akan menerima manfaat kematian sekaligus . Pembayaran asuransi jiwa tidak dianggap sebagai pendapatan untuk tujuan pajak, dan penerima manfaat Anda tidak perlu melaporkan uang tersebut saat mereka mengajukan pengembalian pajak.

2. Tanggungan Anda Tidak Perlu Khawatir Tentang Biaya Hidup

Banyak ahli merekomendasikan memiliki asuransi jiwa yang setara dengan tujuh sampai 10 kali pendapatan tahunan Anda. Jika Anda memiliki polis sebesar itu, orang-orang yang bergantung pada penghasilan Anda tidak perlu khawatir tentang biaya hidup mereka atau biaya besar lainnya. Misalnya, polis asuransi Anda dapat menutupi biaya pendidikan perguruan tinggi anak-anak Anda, dan mereka tidak perlu mengambil pinjaman mahasiswa.

3. Anda Bisa Mendapatkan Pertanggungan untuk Penyakit Kronis

Banyak perusahaan asuransi jiwa menawarkan dukungan, juga dikenal sebagai pengendara , yang dapat Anda tambahkan ke polis Anda untuk meningkatkan atau menyesuaikan cakupan Anda. Pengendara manfaat yang dipercepat memungkinkan Anda untuk mengakses sebagian atau semua manfaat kematian Anda dalam keadaan tertentu. Berdasarkan beberapa polis, misalnya, jika Anda didiagnosis menderita penyakit dan diperkirakan akan hidup kurang dari 12 bulan, Anda dapat menggunakan manfaat kematian Anda saat Anda masih hidup untuk membayar perawatan atau pengeluaran lainnya.

Selain beberapa manfaat diatas, tentu masih banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika menggunakan asuransi jiwa. Perlu diketahui, asuransi jiwa bukan hanya untuk orang kaya. Tidak peduli tingkat pendapatan Anda, asuransi jiwa dapat memastikan bahwa orang yang Anda cintai dapat memenuhi kebutuhan Anda jika Anda meninggal. Dan, asuransi jiwa mungkin lebih terjangkau dari yang Anda kira.

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>

TERKAIT:

TERKAIT:

Baca Juga:


Konten Unggulan